PROSES KREATIF “ELLY RUDI” DALAM MENCIPTAKAN TARI KREASI ANAK “RENTAK PALEMBANG”

Authors

  • Irawan Sukma STKIP Muhammadiyah OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i2.6362

Keywords:

proses kreatif, penciptaan, tari anak “Rentak Palembang”.

Abstract

Kajian terhadap proses kreatif Elly Rudi menggunakan kerangka teoritik Wallas mengenai proses kreatif, dan dipadukan dengan pemikiran Anna Craft mengenai lingkaran proses kreatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa proses kreativitas Elly Rudi dalam menciptakan tarian anak adalah proses yang melewati beberapa tahapan, yaitu tahap persiapan mencipta, tahap mengendapkan ide, tahap menyusun materi tari, dan tahap menilai karya tari. Dalam proses kreatifnya, Elly Rudi dengan ide yang bersumber dari kondisi yang terjadi saat ini, dimana generasi muda Millenia telah melupakan bagaimana rangsangan otak kanan mampu menghasilkan kreativitas yang tinggi dalam menyeimbangkan otak kiri, ini dikarenakan mereka tercandu dengan Gadget (Android) yang membuat mereka larut dalam dunia maya dan semu. Ini artinya bahwa proses kreaatif menciptakan tari “Rentak Palembang†yang dilakukan Elly Rudi dapat dilihat sebagai penciptaan karya yang berbasis pada riset.

References

Craft, Anna.,Membangun Kreativitas Anak.Terjemahan M. Chairul Annam. Depok: Inisiasi Press, 2003.

Csikszenmihalyi, Mihalyi.,Creativity Flow and The Psycology of Discovery and Invention. New York: Harper Collins Publisher, 1996.

Gruber, Howard. E & Katja Bodeker.Creativity, Psycology and the History of Science. Seri terbitan Boston Studies in the Philosophy of Science vol.245. Dordrecht Netherlands: Springer,2005.

Hadi, Y.Sumandiyo.,Kajian Tari Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2007.

Karsono.,Proses Kreatif A.T Mahmud dalam Menciptakan Lagu Anak-anak. Surakarta: Dewa Ruci Jurnal Pengkajian & Penciptaan Seni. Vol 7, 2011.

Munandar, Utami. Kreativitas dan Keberbakatan.Strategi Mewu-judkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,1999.

Syarofie, Yudhy.,Tari Sambut di Sumatera Selatan, Palembang, OKU, dan Lubuklinggau. Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, 2013.

Sumaryono.,Antropologi Tari Dalam Perspektif Indonesia. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta, 2011.

Downloads

Published

2021-08-26

How to Cite

Sukma, I. (2021). PROSES KREATIF “ELLY RUDI” DALAM MENCIPTAKAN TARI KREASI ANAK “RENTAK PALEMBANG”. Jurnal Sitakara, 6(2), 144–158. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i2.6362