EVALUASI PEMBELAJARAN TARI TOPENG MINA TANI PADA SANGGAR TARI PANDU KABUPATEN PATI

Authors

  • Nurul Dwi Rahayuningtyas Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wahyu Lestari Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Malarsih Malarsih Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i2.6365

Keywords:

Evaluasi, Pembelajaran, Tari Topeng Mina Tani.

Abstract

Sanggar Tari Pandu merupakan lembaga pendidikan non formal yang berkecimpung dalam dunia seni pertunjukan di Kabupaten Pati. Sanggar Tari Pandu memiliki hasil karya unggulan yang berjudul Tari Topeng Mina Tani yang menjadi materi sekaligus pengenalan kepada peserta didik
terhadap tari tradisional. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Evaluasi Pembelajaran Tari Topeng Mina Tani Pada Sanggar Tari Pandu Kabupaten Pati yang meliputi dari komponen pembelajaran pelatih, peserta didik, tujuan pembelajaran, sumber pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, materi pembelajaran, alat, media dan evaluasi. Teknik kriteria evaluasi mengacu pada wiraga, wirasa, dan wirama. Penelitian menggunakan metode kualitatif dalam bentuk deskriptif dan pendekatan penelitian berupa Pendekatan Interdisiplin. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yaitu 4P yang artinya person, place, process, dan paper. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dana dokumentasi. Data diperoleh dengan cara anlisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model Evaluasi Pembelajaran Tari Topeng Mina Tani Pada Sanggar Tari Pandu Kabupaten Pati.

References

Maulinda, F. (2019). Pembelajaran Seni Tari Di Sanggar Tari Kapencot Ateh Kabupaten Pamekasan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Naheria , Soegiyanto, W. L. (2015). Pengembangan Permainan Bintang Gedalo Dalam Pembelajaran Atletikbagi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Physical Education and Sports, 4(2), 129–135.

Nugroho, M. A., Florentinusa, T. S., & Lestari, W. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Materi Musik Ansambel Berbasis Android bagi Siswa SMP. Seminar Nasional Pascasarjana, 2019, 207–215.

Nurseto, G., & Wahyu Lestari, H. (2015). Pembelajaran Seni Tari: Aktif, Inovatif Dan Kreatif. Catharsis, 4(2), 115–122.

Panji.M Wahyu Mukti, W. L. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Seni Budaya Di SMP 1 Jekulo Kudus Pada Masa Pandemi Covid-19. Sitakara, 4(3), 57–71. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150

Rohidi, T R. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara

Wati, R. P. (2018). Pembelajaran Seni Tari Di Sanggar Tari Aanak Tembi Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Karakter Anggota Sanggar. E-Journal Uny, 4(3), 57–71. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150

Yunus, G. A., Raharjo, T. J., & Lestari, W. (2016). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Evaluasi Diri Bagi Guru Sma. Educational Management, 5(1), 12–22.

Downloads

Published

2021-08-26

How to Cite

Rahayuningtyas, N. D., Lestari, W., & Malarsih, M. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN TARI TOPENG MINA TANI PADA SANGGAR TARI PANDU KABUPATEN PATI. Jurnal Sitakara, 6(2), 182–191. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i2.6365