MEMAHAMI PERBEDAAN SENI BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Aswadi Jaya FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i2.6366

Keywords:

Pemahaman, Perbedaan Seni Budaya, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Sebagian orang tidak mengetahui bahwa sebenarnya bahasa dan seni budaya tidak dapat dipisahkan. Ketika seseorang mempelajari suatu bahasa, mereka juga harus mempelajari seni budaya bahasa tersebut agar dapat menguasainya. Namun sayangnya banyak orang yang tidak
menyadarinya sehingga mengalami kesulitan dalam proses penguasaan bahasa. Penelitian ini berfokus pada perbedaan seni budaya yang ada dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA Unggul Islam Al-Fahd dan pengaruh dari perbedaan budaya tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor budaya yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan pengaruhnya. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan wawancara untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan responden dalam belajar bahasa Inggris. Akibatnya, masalah terbesar yang dialami responden adalah rendahnya motivasi belajar, kesulitan dalam pengucapan, kurangnya penguasaan kosakata, kesulitan dalam
terjemahan, dan kesalahan tata bahasa. Guru dapat mengatasi masalah permasalahan belajar menggunakan metode yang menarik dalam menyampaikan materi pembelajaran, seperti snowball throwing, diskusi, learning by teaching, dan role play.

References

Aisyah, J. (2017). Kecemasan Membaca Siswa di Kelas Bahasa Inggris Asing. Jurnal Bahasa Inggris dan Pendidikan. 56-58.

Amberg, JS & Vause, Ditjen (2010). Bahasa Inggris Amerika: Sejarah, Struktur, dan Penggunaan. Cambridgeshire: Pers Universitas Cambridge.

Hera, T. (2018). Fungsi Tari Persembahan Tepak Sirih dalam Memeriahkan Acara HBD Indonesia di BKB Palembang. Sitakara. Vol 8 (1).

Jaya, A. & Habibi, A. (2016). Pengaruh Teknik Fishbowl dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Berbicara SMK Sembawa. Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris-Jambi. 1(1). 1-11.

Jaya, A. & Mortini, A, V. (2018). Mengajar Bahasa Inggris dengan Budaya Lokal untuk Mempromosikan Nilai Karakter. Seminar Nasional Pendidikan Universitas PGRI Palembang. 362-367.

Kim, L, S. (2003). Menjelajahi Hubungan antara Bahasa, Budaya dan Identitas. Jurnal Studi Bahasa GEMA Online. 3(2). 1-9.

Lin, C. (2020). Memahami Keanekaragaman Budaya dan Keanekaragaman Identitas. Jurnal Pendidikan Berkualitas. Swiss: Springer, 1-9.

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta. 50.

Mahmud, M. (2010). Pemahaman Lintas Budaya. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Simaibang , B. (2017). English Language Teachung in a Foreign Situation. Palembang: Citra Books.

Sudrajat, H, N. & Herlina. (2015). peningkatan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Permainan Bingo. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI. 10(2). 114-121.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanthi, I, G, A, A, D. (2021). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Linguistik. 1(2). 64-70.

Theriana, A. (2018). Menggunakan Teknik Oblique untuk Mengajarkan Terjemahan Siswa Kelas X SMA Nurul Amal Palembang. ESTEEM: Jurnal Program Studi Bahasa Inggris. 1(1). 47-60.

Downloads

Published

2021-08-26

How to Cite

Jaya, A. (2021). MEMAHAMI PERBEDAAN SENI BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Sitakara, 6(2), 192–200. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i2.6366