PEMBELAJARAN ALAT MUSIK GAMOLAN LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 9 METRO

Authors

  • Hendra Permana STKIP Rosalia Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i2.6369

Keywords:

Gamolan, Metode Pembelajaran, Ekstrakurikuler

Abstract

Alat musik Gamolan diajarkan di sekolah pada saat pembelajaran ekstrakurikuler. Gamolan Lampung merupakan salah satu alat musik pukul yang terbuat dari bambu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan “Pembelajaran Alat Musik Gamolan Lampung Menggunakan Metode Latihan Pada Ekstrakurikuler. Metode yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang didapat melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dilapangan. Hasil penelitian merujuk pada : Pertama, Gamolan awalnya merupakan salah satu jenis instrumen tunggal yang dimainkan untuk menemani seorang mekhanai tuha atau “bujang lapuk namun seiring dengan perkembangan zaman alat musik jenis ini mulai dipelajari dan dimainkan pada saat pagelaran seni pertunjukan. Kedua, teknik permainan alat musik Gamolan adalah dengan cara dipukul menggunakan stik pemukul. Kegunaan pemukul
tangan kiri berfungsi sebagai tempo/ritme sedangkan pada bagian tangan kanan berfungsi sebagai melodi. Pembelajaran alat musik Gamolan Lampung dengan menggunakan metode latihan pada ekstrakurikuler sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran teori maupun praktek.

References

Banoe, P. 2003. Pengantar Pengetahuan Harmoni. Yogyakarta: Kanisius

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Irham, M. & Wiyani, N. A. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarbini, Amirullah. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta : As@-prima pustaka.

Trihasnanto, Anton. 2016. Eksistensi Gamolan di Masyarakat Kota Bandar Lampung Melalui Internalisasi dan Sosialisasi. E-Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol.3 No. 2. IAIN Raden Intan Lampung.

Wiyani, Ardi Novan. 2013. Manajemen Kelas. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2021-08-26

How to Cite

Permana, H. (2021). PEMBELAJARAN ALAT MUSIK GAMOLAN LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE LATIHAN PADA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 9 METRO. Jurnal Sitakara, 6(2), 225–236. https://doi.org/10.31851/sitakara.v6i2.6369