BENTUK PENYAJIAN TARI BERAMBAK DI DESA PEDAMARAN OGAN KOMERING ILIR

Authors

  • Wulandari Wulandari Prodi SeniPertunjukan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Nurdin Nurdin Prodi SeniPertunjukan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Feri Firmansyah Prodi SeniPertunjukan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i2.9033

Keywords:

Bentuk, Penyajian Tari, Tradisional Berambak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Bentuk Penyajian Tari Berambak  di Desa Pedamaran Kecamatan Pedamaran Ogan Komering Ilir. Masalah di fokuskan pada Tari Berambak yang berasal dari Desa Pedamaran Kecamatan Pedamaran Ogan Komering Ilir yang bertujuan sebagai untuk mengetahui sejarah asal mula tari berambak dari awal  terbentuknya tari tersebut hingga sampai sekarang yang masih berkembang di Desa Pedamaran Kecamatan Pedamaran Ogan Komering Ilir. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari Prof. Dr Sugiyono dalam buku metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Data – data di kumpulkan melalui Observasi, wawancara, dan hasil dan di analisis secara ringkas dan jelas, kajian ini menyimpulkan bahwa terdapat beberapa unsur dalam bentuk penyajian yakni, penari, gerak, musik, tata rias, tata busana, desain lantai, properti, tempat pertunjukan yang di tampilkan di atas panggung atau tempat pertunjukan lainnya baik diluar maupun di dalam ruangan. Hal itu dapat peneliti lihat dan peneliti analisis melalui pertunjukan yang  sudah di tampilkan oleh beberapa penari - penari yang  berada di atas panggung

References

Hadi, Sumandyo (2007). Kajian Tari Teks dan Konteks, Yogyakarta : Pustaka Book Publisher.

Murgiyanto, Sal (1983). Komposisi Tari 30.Jakarta : Direktur jenderal pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurdin (2018 ). Tata Rias Dan Busana Tari Serasan Seandanan Dikabupaten Oku Selatan. Jurnal Sitakara¸ 3(2). 42-49.

Hera, T. (2018). Rangsang Audio Sebagai Motivasi Pada Penciptaan Karya Tari Tunggu Tubang Dalam Pembelajaran Koreografi Di Universitas Pgri Palembang. Jurnal Sitakara, 3(1), 58-68.

Hera, T., & Nurdin, N. (2019). Kontribusi Motivasi Mahasiswa Dalam Proses Kreatif Penciptaan Tari Pada Mata Kuliah Koreografi. Jurnal Sitakara, 4(1).

Hera, T. (2019). Fungsi Tari Persembahan Tepak Sirih Dalam Memeriahkan Acara Hbd Indonesia Di Bkb Palembang. Jurnal Sitakara, 3(2), 60-68.

Rochana, Sri (2004). Sejarah Tari Gambyong Seni Rakyat Menuju Istana. Surakarta: Citra Etnika.

Sari, R. P., Rohana, R., & Hera, T. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TARI BERBASIS

BUDAYA LOKAL UNTUK SISWA SD. Jurnal Sitakara, 7(1), 97-107.

Downloads

Published

2022-08-11

How to Cite

Wulandari, W., Nurdin, N., & Firmansyah, F. (2022). BENTUK PENYAJIAN TARI BERAMBAK DI DESA PEDAMARAN OGAN KOMERING ILIR. Jurnal Sitakara, 7(2), 193–201. https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i2.9033