BENTUK DAN STRUKTUR MUSIK TARI PAGEBLUG BOMA DI SANGGAR SASTRA MATAYA

Authors

  • Redo Mambela Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Rully Rochayati Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Rio Eka Putra Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i2.9034

Keywords:

Musik Tari, Pageblug Boma, Ritme, Melodi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk & struktur Musik  Tari Pageblug Boma. Masalah yang difokuskan pada penelitian ini yaitu Bagaimanakah bentuk dan struktur Musik  Tari Pageblug Boma di Sanggar Sastra Mataya Sungai Pinang Banyuasin. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari Buku Y. Sumandiyo Hadi yang berjudul Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui Sumber data yang didapat melalui informan penelitian, jurnal, buku, artikel internet, dan penelitian terdahulu dan di analisis secara reduksi data,  penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kajian-kajian ini menyimpulkan bahwa terdapat beberapa unsur yang dibutuhkan pada musik tari Pageblug Boma, yang pertama merupakan ritme dan yang kedua merupakan melodi. Alat musik ritme yang digunakan pada tarian ini yaitu, bende, jimbe, gong, floor, dan hadroh segi 8. Alat musik melodi yang digunakan pada tari ini yaitu suling Bali, Hulusi atau biasa disebut suling labu, serta keyboard. Nada yang digunakan pada setiap alat musik melodi menggunakan nada G yang dikembangkan

References

Ardra. (2022, Juni Minggu). Seni Musik: Pengertian, Fungsi Simbol, Nilai Estetika, Unsur Dasar, Jenis Bentuk Ekspresi, Aliran Genre Alat Musik. Retrieved from https://ardra.biz/topik/struktur-seni-musik/

Darmawan, Y. A. (2022, Mei 15). Ilustrasi Pendukung Tari. (R. Mambela, Interviewer)

Dr. Robby Hidajat, M. (2013). Kreativitas Koreografi. Malang-Jawa Timur: Surya Pena Gemilang.

Hadi, Y. S. (2003). Aspek-Aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: eLKAPHI.

Herviani, V., & Febriansyah, A. (2016). Tinjauan Atas Proses Penyusunan Laporan Keuangan Pada Young Interpreneur Academy Indonesia Bandung. Riset Akuntansi , 23.

Marthantha, I. E. (2022, Mei 11). Pengertian Ritme. (R. Mambela, Interviewer)

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prier, K.-E. (2015). Ilmu Bentuk Musik. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi.

Putra, I. G., & Haryati, N. M. (2019). Tari Kreasi Genitri: Sebuah Tarian Bernuansa Pendidikan. Segara Widya , 38.

Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rochayati, R. (2020). Situasi Pandemi Covid-19 Dalam Perancangan Karya Tari Paeblug Boma. In d. Heddy Shri Ahimsa-Putra, Bunga Rampai Kajian Seni Budaya Ragam Perspektif (p. 281). Surabaya: Unesa University Press.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-08-11

How to Cite

Mambela, R., Rochayati, R., & Eka Putra, R. (2022). BENTUK DAN STRUKTUR MUSIK TARI PAGEBLUG BOMA DI SANGGAR SASTRA MATAYA. Jurnal Sitakara, 7(2), 202–216. https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i2.9034