UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS X SMKN SUMATERA SELATAN

Authors

  • Naomi Diah Budi Setyaningrum Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Efita Elvandari Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i2.9037

Keywords:

Media Audio Visual, Pembelajaran Tari, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar seni tari melalui media audio visual di kelas X SMKN Sumatera Selatan. Masalah difokuskan pada meningkatkan hasil belajar seni tari melalui media audio visual di kelas X SMKN Sumatera Selatan. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari Arikunto Suharsimi yang berkenaan dengan Penelitian Tidakan Kelas (PTK).  Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu sebuah metode yang berupa pemberian tindakan terhadap permasalahan di kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Data-data dikumpulkan melalui observasi dan tes unjuk jerja. Dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitati. Kajian ini menyimpulkan bahwa adanya hasil tes sebesar 55% dan pada siklus II mengalami peningkatan 20% menjadi 75%. Perolehan dari hasil siklus pada pembelajaran materi seni tari, rata-rata ketuntasan pada siklus I adalah 57% dan pada siklus II mengalami peningkatan 23% menjadi 80%. Keberhasilan tujuan kompetensi dalam penelitian ini yakni aktivitas dan hasil belajar siswa yang meningkat, ditandai dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai 80% pada pembelajaran materi seni tari.

References

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, (2002), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hadi, Y. Sumandiyo,(2007). Kajian Tari Teks Dan Konteks. Yogyakarta: Pusta Book Publisher.

Hera, T. (2018, July). Aspek-aspek penciptaan tari dalam pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 5, No. 05).

Hera, T., & Elvandari, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Pembelajaran Tari Daerah Sebagai Dasar Keterampilan Menari Tradisi. Jurnal Sitakara, 6(1), 40-54.

Hamalik, Oemar, (2013), Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kussudiardja, Bagong. (2000). Dari Klasik Hingga Kontemporer. Bantul Padepokan Press.

Mudjiono, dan Dimyati, (2013), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharsimi, Arikunto, (2007), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Sumaryono. (2011). Atropologi Tari Dalam Perspektif Indonesia. Yogyakarta: ISI Yogyakarta

Downloads

Published

2022-08-11

How to Cite

Setyaningrum, N. D. B., & Elvandari, E. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS X SMKN SUMATERA SELATAN. Jurnal Sitakara, 7(2), 226–237. https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i2.9037