PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS BUDAYA PALEMBANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rani Sapitri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Rohana Rohana Program Studi Pendidikan Matetmatika, FKIP, Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i2.9039

Keywords:

Pengembangan Media, Audio Visual, Lagu Daerah

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media audio visual berbasis budaya palembang kelas V SD yang valid dan praktis. Masalah difokuskan pada eksplorasi  bagaimana cara membuat keseluruhan media berwawasan budaya Palembang yang signifikan dan rasional bagi siswa kelas V SD. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari pengembangan 4D yang terdiri dari penggambaran, penyusunan, pembuatan, dan penyampaian, teknik ini sesuai dengan penyelesaian penelitian ini serta survei dukungan yang diberikan kepada 2 pendidik dan 1 guru master, sebagai validator ditentukan untuk mencapai standarisasi video.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Adapun data-data yang dikumpulkan melalui instrumen validasi, dan instrumen kepraktisan. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis perangkat pembelajaran, analisis angket respon guru dan peserta didik, serta analisis lembar observasi penggunaan audio visual. Kajian ini menyimpulkan bahwa Media pembelajaran dalam klasifikasi berguna karena lebih dari 80% siswa memberikan reaksi positif, dengan menunjukkan hasil sebagai video melodi Cuk Mak Hilang apa yang telah mereka lakukan. Kemudian, pada saat itu, persepsi lembar Pendidik juga memberikan hasil yang positif.

References

Abdulhak, Id. (2013). Inovasi instruksi. Bandung: PT Pemuda Rosdakarya Offset.

Ayuningtyas. (2019). Kemajuan media pembelajaran berbasis glimmer untuk lebih mengembangkan hasil belajar 3D materi pembelajaran spdp muhammadiah jepara kelas IV. 'jepara: sekolah guru kelas.

Hera, T., & Nurdin, N. (2019). Kontribusi Motivasi Mahasiswa Dalam Proses Kreatif Penciptaan Tari Pada Mata Kuliah Koreografi. Jurnal Sitakara, 4(1).

Penjaga. (2018). Media Pembelajaran Manual dan Lanjutan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kustandi, C. (2020). Kemajuan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sari, R. P., Rohana, R., & Hera, T. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TARI BERBASIS BUDAYA LOKAL

UNTUK SISWA SD. Jurnal Sitakara, 7(1), 97-107.Sugiyono. (2009). Teknik Eksplorasi Subyektif Kuantitatif dan Penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Usman, A. d. (2018). Media Pendidikan. Jakarta: Pers Rajawali.

Wibawanto, W. (2017). Perencanaan dan Pemrograman Media Pembelajaran Intuitif. Jember: Cerdas, Konstan, Imajinatif.

Yunus, A. (2014). Rencana Kerangka Pembelajaran berkaitan dengan program pendidikan 2013. Bandung:

PT Refika Aditama.

Yusuf, A. (2015). Buku Materi Edukasi Keperawatan Psikologis. Jakarta: Salemba Medika

Downloads

Published

2022-08-11

How to Cite

Sapitri, R., & Rohana, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS BUDAYA PALEMBANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Sitakara, 7(2), 238–252. https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i2.9039