Analisis Tenggelamnya Kapal di Waduk Kedung Ombo Menggunakan Konsep Hukum Archimedes

Authors

  • Amanda Fauzika Maurisa Rohmah Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Aprisya Zudhan Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/jupiter.v4i2.10345

Keywords:

Hukum Archimedes, Massa Jenis, Percepatan Gravitasi, Massa, Volume

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui mengapa kapal dapat terapung dan juga tenggelam, faktor yang menjadi penyebab kapal tenggelam di Waduk Kedung Ombo, dan untuk mengetahui cara untuk mencegah terjadinya kapal tenggelam. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dokumen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Kapal dapat terapung di atas permukaan air jika gaya berat (W) sama dengan gaya apung (Fa). Kemudian kapal juga dapat tenggelam jika nilai gaya berat (W) lebih besar dari gaya apung (Fa). 2. Faktor yang dapat menyebabkan kapal tenggelam adalah massa penumpang atau orang yang sangat besar sehingga menyebabkan nilai gaya berat (W) semakin besar pula sehingga nilai gaya berat (W) tidak sama dengan gaya apung (Fa) atau nilai W > Fa. 3. Supaya kapal tidak tenggelam maka massa penumpang atau orang harus kurang dari gaya apung atau nilai W < Fa, sehingga kapal bisa terapung atas permukaan air.

References

Sirait, Ratni. (2018). Pengaruh Massa Terhadap Kecepatan dan Percepatan berdasarkan Hukum II Newton Menggunakan Linier Air Track. In Jurnal Ilmu Fisika dan Teknologi (Vol. 2, Issue 2).

Gideon, S., & Tarigan, E. R. (2020). Penentuan Massa Jenis Oli secara Sederhana dengan Hukum Archimedes. Physics Education Research Journal, 2(1). https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5058.

Putra, I. G. W., Weking, A. I., & Jasa, L. (2018). Putra, I. G. W., Weking, A. I., & Jasa, L. Analisa Pengaruh Tekanan Air Terhadap Kinerja PLTMH dengan Menggunakan Turbin Aechimedes Screw. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 17(3). https://doi.org/10.24843/mite.2018.v17i03.p13.

Kasli, E., & Aminullah, A. (2016). Pengaruh massa jenis terhadap tekanan hidrostatis. Jurnal Pendidikan Geposfer, I.

Loseta, F. P. Indra. (2022). Tekanan Hidrostatis dan Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari. https://akupintar.id/info-pintar//blogs/tekanan-hidrostatis-danpenerapan-dalam-kehidupan-sehari-hari.

Putra, D. P., Chrismianto, D., & Iqbal, M. (2016). Analisa Seakeeping Dan Prediksi Motion Sickness Incidence (MSI ) Pada Kapal Perintis 500 Dwt Dalam Tahap Desain Awal (Initial Design). Jurnal Teknik Perkapalan, 4(3).

Ariyanto, M. (2015). Sensor Fusion Menggunakan Accelerometer Rate Gyro (Arg) Untuk Estimasi Sudut Euler Pada Wahana Terbang. Rotasi, 17(2). https://doi.org/10.14710/rotasi.17.2.84-92.

Edhi, S., Hasan, M., & Husaini, H. (2018). Analisis Dinamis Riwayat Waktu Jembatan Gantung Akibat Pejalan Kaki Dan Kendaraan Roda Dua. Jurnal Teknik Sipil, 1(4). https://doi.org/10.24815/jts.v1i4.10046.

Lekatompessy, S. T. A., & Latuhihin, G. R. (2021). Studi Eksperimental Laju Korosi Pada Kapal Baja. ALE Proceeding, 1. https://doi.org/10.30598/ale.1.2018.70-73.

Yulianto, E., Rofingah, J., Finda, A., & Hakim, F. N. (2016). Menentukan Tegangan Permukaan Zat Cair. Spektra : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 2(2). https://doi.org/10.32699/spektra.v2i2.18.

Gunawan, I., Pranowo, W. S., & Sukoco, N. B. (2022). Studi Karakteristik Massa Air Laut di Perairan Timur Indonesia dengan Memanfaatkan Data Argo Float. Jurnal Chart Datum, 5(2). https://doi.org/10.37875/chartdatum.v5i2.151.

Arijanto, *, Yohana, E., & Sinaga, F. T. H. (2015). Analisis Pengaruh Kekentalan Fluida Air Dan Minyak Kelapa Pada Performansi Pompa Sentrifugal. Jurnal Teknik Mesin S-1, 3(2).

Suciarahmat, A., & Pramudya, Y. (2015). Aplikasi Sensor Smartphone dalam Eksperimen Penentuan Percepatan Gravitasi (Halaman 10 s.d. 13). Jurnal Fisika Indonesia, 19(55). https://doi.org/10.22146/jfi.24365.

Krishnastana, A. K., Jasa, L., & Weking, A. I. (2018). Studi Analisis Perubahan Debit dan Tekanan Air Pada Pemodelan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 17(2). https://doi.org/10.24843/mite.2018.v17i02.p14.

Huda, A. L., Wardani, S. P. R., & Suharyanto, S. (2019). Evaluasi Tekanan Air Pori dan Rembesan Pada Bendungan Panohan. Reka Buana : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Dan Teknik Kimia, 4(2). https://doi.org/10.33366/rekabuana.v4i2.1372

Mustain, I. (2020). Penurunan Tekanan pada Pompa Air Laut pada Mesin Induk Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1). https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.48.

Downloads

Published

2023-02-02