Pengembangan Bahan Ajar Efek Doppler Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL)

Authors

  • Dicky Rahmat Kahfi Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Sulistiawati Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/jupiter.v4i2.10544

Keywords:

Bahan Ajar, CTL, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar efek Doppler berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa kelas XI SMA yang valid, praktis dan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tahap Perencanaan, tahap Pengembangan dan tahap Evaluasi yang meliputi self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group evaluation dan field test. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA SMA. Jumlah responden yang me-review bahan ajar ini meliputi tiga orang ahli, tiga orang siswa uji one to one, sepuluh orang siswa uji small group dan siswa kelas XI IPA 1 uji field test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas bahan ajar diperoleh rata-rata 0,905 (skor maksimal 1) kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan pada tahap one to one evaluation diperoleh rata-rata 0,89 (skor maksimal 1) kategori sangat praktis.  Hasil uji kepraktisan pada tahap small group evaluation diperoleh rata-rata 4,39 (skor maksimal 5) kategori sangat praktis. Hasil uji coba lapangan pada tahap field test diperoleh 91% siswa tuntas dalam mengerjakan soal-soal pemahaman konsep.  Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan ajar efek Doppler berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk siswa kelas XI SMA ini sudah valid, praktis dan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa serta layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran fisika pada materi efek Doppler.

Kata Kunci: Bahan Ajar, CTL, Pemahaman Konsep

References

K. Kasmawati, N. K. Latuconsina, and A. I. P. Abrar, “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar,” J. Pendidik. Fis., pp. 70–75, 2017.

J. Maknun, “Implementation of Guided Inquiry Learning Model to Improve Understanding Physics Concepts and Critical Thinking Skill of Vocational High School Students,” Int. Educ. Stud., 2020, doi: 10.5539/ies.v13n6p117.

A. Afriani, “Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa,” J. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, pp. 80–88, 2018.

W. Oktaviani, G. Gunawan, and S. Sutrio, “Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., pp. 1–7, 2017, doi: 10.29303/jpft.v3i1.320.

A. Gumrowi, “Strategi Pembelajaran Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gelombang Siswa Kelas XII MAN 1 Bandar Lampung,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, pp. 183–191, 2016, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v5i2.118.

H. Komikesari, “Penigkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division,” Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb., pp. 15–22, 2016.

P. Poniman, “Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika dengan Metode Praktikum pada Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Kalianda Lampung Selatan,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, pp. 257–264, 2016, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v5i2.125.

Trianto, “Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual,” in Kencana Prenadamedia Group, Jakarta, 2009.

D. T. Yolanda, P. Lubis, and S. Sugiarti, “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA,” J. Lumin. Ris. Ilm. Pendidik. Fis., 2020, doi: 10.31851/luminous.v1i1.3444.

I. Rinisyah, “Pengembangan modul fisika berbasis CTL untuk meningkatkan KPS dan sikap ilmiah siswa Madrasah Aliyah,” J. Pendidik. Mat. dan Sains, pp. 152–162, 2016, doi: 10.21831/jpms.v4i2.12979.

S. Mauritha, “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pelatihan Berbasis Metode Praktikum,” Relativ. J. Ris. Inov. Pembelajaran Fis., pp. 23–28, 2018, doi: 10.29103/relativitas.v1i1.1194.

T. Gok, “The Evaluation of Conceptual Learning and Epistemological Beliefs on Physics Learning by Think-Pair-Share,” J. Educ. Sci. Environ. Heal., 2018.

Y. Hendawati, S. Pratomo, S. Suhaedah, N. A. Lestari, T. Ridwan, and N. W. A. Majid, “Contextual teaching and learning of physics at elementary school,” 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1318/1/012130.

S. Hadijah and E. E. Napitupulu, “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematik Siswa SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan,” J. Tabularasa PPS Unimed, pp. 285–299, 2016, doi: 10.24114/jt.v13i3.4584.

Lefudin and H. Lukman, “Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” J. Literasi Pendidik. Fis., pp. 1–10, 2020.

B. Silaban, “Hubungan antara penguasaan konsep fisika dan kreativitas dengan kemampuan memecahkan masalah pada materi pokok listrik statis,” J. Penelit. Bid. Pendidik., pp. 65–75, 2014, doi: 10.24114/jpbp.v20i1.3072.

I. Irwandani, “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, pp. 165–177, 2015, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90.

S. Wulansari, P. Lubis, and N. Andriani, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Tehadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas Viii SMP Negeri 7 Palembang,” in Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019, pp. 890–896.

A. A. Rais, L. Hakim, and S. Sulistiawati, “Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET,” Phys. Educ. Res. J., pp. 1–8, 2020, doi: 10.21580/perj.2020.2.1.5074.

M. Tessmer, “Merencanakan Dan Melakukan Evaluasi Formatif,” in British Library Cataloguing in Publication Data, London, 1998.

E. P. Widoyoko, “Teknik penyusunan instrumen penelitian,” in Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2018.

Arikunto. Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016.

I. Ilyas and A. N. Al Mu’min Liu, “Development of Physics Learning Tools Based on Contextual Teaching And Learning in a Remote Island Area,” J. Pendidik. Fis. Univ. Muhammadiyah Makassar, pp. 1–8, 2019, doi: 10.26618/jpf.v7i1.1590.

Downloads

Published

2023-02-02