Analisis Kecelakaan Kapal Gili Cat II

Authors

  • Amanda Fauzika Maurisa Rohmah Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Aprisya Haafizhu Zudhan Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/jupiter.v5i1.11618

Keywords:

Newton's 2nd law, Velocity, Mass, Hukum Newton 2, Kecepatan, Massa

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapakah kecepatan yang dianjurkan untuk mengendarai Kapal Gili Cat II dan apa yang terjadi ketika Kapal Gili Cat II dikendarai dengan kecepatan atau laju di atas batas yang dianjurkan serta mengetahui massa maximum yang dapat dibawa oleh Kapal Gili Cat II dan mengetahui hubungan dari massa terhadap kecepatan kapal. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dokumen. Hasil dari studi kasus yang telah dilakukan bahwa kecepatan yang dianjurkan untuk mengendarai Kapal Gili CAT II sekitar 20-25 knot. Jika kapal dikendarai dengan kecepatan melebihi batas maksimum maka risiko kecelakan dan kerusakan pada mesin akan besar terjadi. Kapal Gili Cat II ini hanya dapat membawa 35 orang penumpang dan 4 awak kapal dengan massa maximum yang dapat dibawa sekitar 2 ton. Dapat dijelaskan hubungan massa dan kecepatan dalam hukum Newton 2 dimana massa mempengaruhi besar nilai kecepatan sehingga semakin besar massa maka kecepatan akan semakin besar.

 

Kata kunci: Hukum Newton 2, Kecepatan, Massa

 

 

Analysis of the Gili Cat II Ship Accident

 

Abstract

 

The purpose of this study is to find out what the recommended speed is for driving the Gili Cat II Ship and what happens when the Gili Cat II Ship is driven at a speed above the recommended limit and to find out the maximum mass that can be carried by the Gili Cat II Ship and find out relationship between mass and speed of the ship. The method used in this research is document qualitative method.The results of the case studies that have been conducted show that the recommended speed for driving the Gili CAT II Ship is around 20-25 knots. If the ship is driven at a speed exceeding the maximum limit, the risk of accidents and damage to the engine will be great. This Gili Cat II ship can only carry 35 passengers and 4 crew members with a maximum mass that can be carried around 2 tons. The relationship between mass and velocity can be explained in Newton's 2nd law where mass affects the value of velocity so that the greater the mass, the greater the speed.

 

Keywords: Newton's 2nd law, Velocity, Mass

References

Gideon, S., & Tarigan, E. R. (2020). Penentuan Massa Jenis Oli secara Sederhana dengan Hukum Archimedes. Physics Education Research Journal, 2(1). https://doiorg/10.2150perj.2020.2.1.5058

Yulianto, E., Rofingah, J., Finda, A., & Hakim, F. N. (2016). Menentukan Tegangan Permukaan Zat cair : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 2(2). https://doi.org/10.32699/spektra.v2i2.18

Agustinus, A., Kuswardani, A. R. T. D., Pandoe, W. W., & Riyadi, N. (2022). Studi Karakteristik Massa Air untuk Menentukan Shadow Zone di Selat Makassar. Jurnal Chart Datum, 2(2). https://doi.org/10.37875/chartdatum.v2i2.103

Komite Nasional Keselamatan Transportasi. (2016). Laporan Investigasi Kecelakaan Pelayaran Ledakan di Gili Cat II. http://knkt.dephub.go.id/knkt/ntsc_maritime/Laut/2016/FINAL%20LAUNCHED%20Gili%20Cat%20II.pdf

Pamikiran, R. Dc. (2013). Penggunaan Daya Mesin Penggerak Kapal Pukat Cincin Km. Maestro. Jurnal Perikanan Dan Kelautan Tropis, 9(2). https://doi.org/10.35800/jpkt.9.2.2013.4171

Ahmad Yasim, A. Y., Koentjoro Wibowo, R. K., & Priohutomo, K. (2021). Kajian Sinkronisasi Mesin Utama Dan Propeller Pada Kapal Perikanan Pasca Reparasi (Studi Kasus Km. Nelayan 2017-572). Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim, 15(1). https://doi.org/10.29122/jurnalwave.v15i1.4724

Winarto, C., Iskandar, B. H., & Arkeman, Y. (2017). Perbandingan Kinerja Kapal-kapal Tanker Angkutan BBM dan Minyak Mentah Menggunakan Multivariate Analysis of Variance: Studi Kasus PT. Pertamina (Persero). Warta Penelitian Perhubungan, 29(1). https://doi.org/10.25104/warlit.v29i1.315

Sirait, Ratni. (2018). Pengaruh Massa Terhadap Kecepatan dan Percepatan berdasarkan Hukum II Newton Menggunakan Linier Air Track. In Jurnal Ilmu Fisika dan Teknologi (Vol. 2, Issue 2)

Supriyatna, Ratna Ermawati, I., & Annisa Salsabilla, R. (2019). Menentukan Pengukuran Kecepatan Simulasi Kereta Api Berbasis Microkontroler (Arduino) Dengan Menggunakan Bilangan Kompleks. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 4. https://doi.org/10.22236/teknoka.v4i0.4189

Pratama, Aswab Nanda. 2018. Ini Faktor-Faktor Yang Sering Jadi Penyebab Kapal Tenggelam. Tersedia di https://amp.kompas.com/nasional/read/2018/06/23/21370511/ini-faktor-faktor-yang-sering-penyebab-kapal-tenggelam, diakses pada 24 Mei 2023

Downloads

Published

2023-07-31