Aplikasi Gaya Magnet Pada Fenomena Osilasi Teredam Dalam Sistem Gerak Harmonik Sederhana

Authors

  • Muhammad Rajeev Ghifari Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rahmat Agung Pramono
  • Khafidh Nur Aziz

DOI:

https://doi.org/10.31851/jupiter.v5i1.11839

Abstract

Telah dilaksanakan percobaan APLIKASI GAYA MAGNET PADA FENOMENA OSILASI TEREDAM DALAM SISTEM GERAK HARMONIK SEDERHANA bertempat di Laboratorium FMIPA, Lab. Fisika dasar, Universitas Negeri Yogyakarta yang bertujuan menginvestigasi pengaruh gaya magnet pada sistem gerak harmonik teredam. Metode yang penyusun gunakan ialah metode percobaan pendulum sederhana pada beban batu silinder dan beban bola besi yang kemudian direkam menggunakan smarphone dan ditrack dengan aplikasi tracker pada laptop. Pada analisis data, nilai faktor redaman osilasi pada beban batu silinder meningkat hingga bernilai , sementara nilai faktor redaman osilasi pada beban bola besi stabil di rentang nilai 0,08. Hal ini berarti osilasi pada beban batu silinder akan lebih cepat teredam menurut faktor waktu dibandingkan osilasi pada beban bola besi. Nilai kuadrat  lebih dari nilai kuadrat  yang berarti pada masing-masing sistem bekerja gerak osilasi redaman ringan (Light Damping). Analisis data juga menunjukkan bahwa gaya magnet berperan dalam mengurangi redaman pada sistem osilasi, mempertahankan gerak osilasi sehingga bandul memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai posisi setimbang.

References

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Metode Analitik Dan Metode Runge-Kutta Orde 4 Dalam Penyelesaian Persamaan Getaran Pegas Teredam. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang, 3.

Aulia, M. R. (2018). Osilasi Teredam Pada Pegas Dengan Medium Fluida. Journal of Teaching and Learning Physics, 3(1).

Budiman, A., Asy’ari, H., & Hakim, A. R. (2012). Desain Generator Magnet Permanen Untuk Sepeda Listrik. Emitor, 12(01).

Ewar, H. A., Bahagia, M. E., Jeluna, V., Astro, R. B., & Nasar, A. (2021). Penentuan Konstanta Pegas Menggunakan Aplikasi Phyphox Pada Peristiwa Osilasi Pegas. Jurnal Kumparan Fisika, 4(3).

Limiansih, K., & Santosa, I. E. (2013). Redaman Pada Pendulum Sederhana. Jurnal Fisika Indonesia, XVII(51).

Nurdin, A., & Hastuti, S. (2019). Analisa Gerakan Osilator Harmonik Teredam Menggunakan Metode Numerik. Journal of Mechanical Engineering, 3(2).

Rada, M. K. D., & Panuluh, A. H. (2021). Penggunaan Aplikasi Logger Pro untuk Menentukan Nilai Viskositas Air. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya, 5(1), 28-35.

Sumarno, S. (2019). Analisa Rancang Bangun Turbin Tenaga Magnet Sederhana Sebagai Sumber Listrik Skala Rumah Tangga. Jurnal Teknik, 8(2).

Susilo, A., Yunianto, M., & Variani, V. I. (2012). Simulasi Gerak Harmonik Sederhana dan Osilasi Teredam pada Cassy-E 524000. Indonesian Journal of Applied Physics, 2(2).

Wahid, M. A., Tiara, E., & Riantin, I. R. (2020). Penggunaan Metode Analisis Citra Untuk Menganalisa Gerak Harmonik Sederhana Pada Pegas Dan Bandul Sederhana. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 1(1), 7-12.

Downloads

Published

2023-07-31