Penerapan Prinsip Aksi dan Reaksi: Hukum III Newton dalam Gerakan Kapal Otok-Otok

Authors

  • Najwa Siti Rahma Abidin Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta
  • A-isy Muna Waroh Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta
  • Gistrin Dimitry Amora Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/jupiter.v6i1.13931

Keywords:

Hukum newton III, Gaya aksi-reaksi, kapal otok-otok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana hukum Newton III yang menyatakan bahwa setiap aksi memiliki reaksi yang sebanding tetapi berlawanan diterapkan pada kapal otok-otok. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu berupa uji coba eksperimen pada kapal otok-otok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksi yang bekerja pada kapal otok-otok yaitu ketika air yang sudah dimasukkan ke dalam pipa kecil pada kapal otok-otok lalu diberi api dan menghasilkan uap mengakibatkan adanya dorongan ke belakang, mendorong air ke arah yang berlawanan. Reaksi yang dihasilkan adalah sebagai respons, kapal akan bergerak ke depan. Reaksi ini sebanding dengan aksi dorongan tekanan uap yang dihasilkan, tetapi berlawanan arah.

References

Masturoh, R. D., Sudarmi, M., & Noviandini, D. (2019). Barang Bekas di Sekitarku (BARBEKU) Sebagai Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman Hukum III Newton. Jurnal Sains dan Edukasi Sains, 2(1), 16-25.

Maulani, N., Linuwih, S., & Sulhadi, S. (2021). Pengembangan Asesmen Hots (Higher Order Thinking Skills) Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Hukum Newton. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(1), 1-10.

Munfaridah, N., Sutopo, S., Sulur, S., & Asim, A. (2017). Analisis miskonsepsi “gerak dan gaya” menggunakan instrumen force concept inventory (Fci) pada mahasiswa calon guru fisika. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 66-75.

Ruwanto, B. (2004). Asas–Asas Fisika 2B. Yogyakarta: Yudhistira.

Saxena, S., & Bedoya, I. D. (2013). Fundamental phenomena affecting low temperature combustion and HCCI engines, high load limits and strategies for extending these limits. Progress in Energy and Combustion Science, 39(5), 457-488.

Suwito, D. (2021). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar aksi dan reaksi gaya SMK Negeri 7 Surabaya. JTPM, 11(1), 38-43.

Utami, A. M. (2022). Application of The Icare Model to Improve Problem-Solving Ability in Momentum and Impulse Materials in Class X SMA. Journal of Digital Learning and Distance Education, 1(2), 64-71.

Downloads

Published

2024-08-04