Analisis Optimalisasi Sistem Solar Cell Sebagai Energi Alternatif Pada Pompa Air Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Air Di Lahan Pertanian

Authors

  • Lailatul Qomaria Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti

DOI:

https://doi.org/10.31851/jupiter.v2i2.5732

Keywords:

Kata Kunci, tenaga surya, pompa air, lahan pertanian

Abstract

Semakin hari sumber daya fosil semakin berkurang, penggunaan bahan bakar fosil untuk pengairan di daerah persawahan juga berdampak pada pencemaran llingkungan, juga mahal biaya oprasionalnya. Untuk mengurangi masalah ini kami menawarkan energi alternatif sebagai pengganti dari energi fosil. Energi alternatif yang kami gunakan adalah energi yang bersumber dari matahari dengan panel surya. Panel surya merupakan elemen aktif yang mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Solar panel berfungsi untuk menerima panas matahari dan mengubahnya menjadi aliran listrik DC. Listrik tersebut kemudian masuk kedalam inventer untuk mengubah arus DC menjadi arus AC untuk selanjutnya digunakan untuk menggerakkan pompa. Kami menggunakan deskripsi untuk menentukan kesimpulan dari jurnal yang kami review. Tenaga surya ini juga disebut dengan solar cell, penerapan teknologi ini adalah dengan memanfaatkan panel surya sebagai alat konversi energi matahari menjadi energi listrik untuk sumber listrik pompa air. Panel surya dipasang dengan membentuk sudut agar intensitas cahaya matahari yang didapat lebih besar. Tegangan dan arus bergantung dengan intensits cahaya matahari yang dihasilkan oleh panel surya, sehingga daya yang didapat juga besar. Rangkaian panel surya ditambah dengan SCC (Solar Charger Controller) agar tidak terjadi kelebihan pengisian daya dan juga menambah efisiensi kerja dari solar cell tersebut. Penggunaan solar cell ini sangat membantu para petani agar lebih hemat biaya oprasional dan juga ramah lingkungan. Waktu yang tepat untuk penyiraman adalah pada pagi dan sore hari saat arus yang dihasilkan mencapai maksimum, dan pengisian daya paling cocok dilakukan pada siang hari saat intensitas cahaya matahari dan daya yang dihasilkan mencapai maksimum.

Author Biography

Lailatul Qomaria, Universitas Jember

Kejakan semampumu tanpa mengurangi kualitasmu, semua orang pantas sukses

References

DAFTAR PUSTAKA

Pulungan, A B. Juli Sardi. Hamdani. Hastuti. 2019. Pemasangan Sistem Hybrid Sebagai Penggerak Pompa Air. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional). 5(2), 35-44.

Joubrert, at al. 2016. Kinerja Jaringan Irigasi Air Tanah Pada Irigasi Hemat Air Berbasis Pompa Air Tenaga Surya. Jurnal Irigasi. 11(5), 125-132.

Suyanto, Muhammad. 2017. Pengaruh Pengguunaan Solar Charger Controler Terhadap Stabilitas Slolar Cell Sebagai Penyuplay Pompa Air Pada Kebun Salak Dimusim Kemarau. SNST. 8(2), 12-17.

Hartono, Budi. dan Purwanto. 2015. Perancangan Pompa Air Tenaga Surya Guna Memindahkan Air Bersih Ke Tangki Penampungan. SINTEK. 9(1), 2088-9038.

Rozaq, et al. 2019. Implementasi Teknologi Pompa Air Tenaga Surya Di Desa Karyabaru Kecmatan Barambai Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Impact ( Implementation and Action). 1(2), 92-109.

Subandi, et al. 2019. Penggerak Pompa Air Dengan Tenaga Solar Cell Untuk Meningkatkan Pertanian Cabe. SNT (Seminar Nasional Teknoka). 4(4), 2502-8782.

Iqtimal, et al. 2018. Aplikasi Sistem Tenaga Surya Sebagai Sumber Tegangan Listrik Pompa Air. Jurnal Online Teknik Eloktro. 3(1), 2252-7036.

Ramadhan, et al. 2016. Analisis Desain Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kapasitas 50 WP. Jurnal Teknik. 37(2), 59-63.

Jaelani, Otong. dan Heri Suripto. 2020. Analisis Performan Dan Nilai Ekonomi Sistem Solar Cell Untuk Pengoperasian Pompa Air dengan Metode Eksperimental. Jurnal Rekayasa Mesin. 15(1), 42-50.

Zainuddin, M. dan Muhammad Darmawan. 2017. Pemanfaatan pompa Air Tenaga Surya (PATS) untuk Irigasi Lahan Sawah Di Kulurahan Tanggikiki Kota Gorontalo. Jurnal Impact (Implementation and Action) 8(2), 151-158

Downloads

Additional Files

Published

2021-02-27