Pemanfaatn Jeruk Lemon (Citrus limon) dan Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi) Sebagai Media Elektrolit untuk Menghasilkan Tegangan Listrik

Authors

  • Enrico Fermi Department of Physics, Universitas PGRI Palembang
  • Atina Atina Department of Physics, Universitas PGRI Palembang
  • Rahmawati Rahmawati Department of Physics, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/jupiter.v5i2.9225

Keywords:

Jeruk lemon, Belimbing wuluh, Cu-Zn, Cu-Mg, Tegangan

Abstract

Buah jeruk lemon dan belimbing wuluh mengandung derajat keasaman yang cukup tinggi yang dapat mempengaruhi tegangan listrik dan kuat arus. Tujuan penelitian ini adalah dapat menganalisis seberapa besar tegangan yang dihasilkan jeruk lemon dan belimbing wuluh dengan variasi rangkaian menggunakan elektroda Cu-Zn dan Cu-Mg. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan 7 variasi rangkaian. Variasi I (1 buah), II (1 buah), III (1 buah), IV (I dan II diserikan), V (I dan III diserikan), VI (II dan III diserikan), VII (I, II, dan III diserikan). Hasil penelitian menunjukkan tegangan listrik jeruk lemon dengan elektroda Cu-Zn yang tertinggi adalah variasi VII terdapat sebesar 2,927 Volt sedangkan terendah sebesar variasi III sebesar 0,989 Volt. Tegangan jeruk lemon dengan elektroda Cu-Mg tertinggi adalah variasi VII terdapat sebesar 4,445 Volt dan terendah variasi II sebesar 1,463 Volt. Tegangan belimbing wuluh dengan elektroda Cu-Zn tertinggi adalah variasi VII terdapat sebesar 2,294 Volt dan terendah variasi II sebesar 0,920 Volt. Tegangan belimbing wuluh dengan elektroda Cu-Mg tertinggi variasi VII terdapat sebesar 4,381 Volt dan terendah adalah variasi III sebesar 1,535 Volt.

Author Biography

Atina Atina, Department of Physics, Universitas PGRI Palembang

SINTA ID : 104270

References

Atina, A. (2015). Tegangan dan kuat arus listrik dari sifat asam buah. SAINMATIKA: Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(2):28-42.

Jauharah, W. D. (2013). Analisis Kelistrikan yang Dihasilkan Limbah Buah dan Sayuran sebagai Energi Alternatif Bio-Baterai. Skripsi. Program Sarjana Sains Program Sarjana Universitas Jember. (Dipublikasikan).

Krisnaningsih, A. T. N., M. Hayati. (2014). Pemanfaatan berbagai ekstrak buah lokal sebagai alternatif acidulant alami dalam upaya peningkatan kualitas tahu susu. Jurnal Ilmiah Cendekia, 12(3):49-55

Nurhayati, N., dan M. Mania. (2020). Pengukuran Nilai Tegangan Listrik pada Buah Nanas. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 2019(2):1-3.

Rasyid, M. S. G. (2019). Prototype Sel Volta Sebagai Pemanfaatan Energi Terbarukan Limbah Kulit Pisang. Skripsi. Program Sarjana Teknik Program Sarjana Universitas Hasanuddin. (Dipublikasikan).

Suciyati, S. W., S. Amarani., dan A. Supriyanto. (2019). Analisis Jeruk Dan Kulit Jeruk Sebagai Larutan Elektrolit Terhadap Kelistrikan Sel Volta. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika, 7(1): 7–16.

Downloads

Published

2024-03-30