Pengembangan Media Pembelajaran Digital Materi Ikatan Atom Bahan Melalui Microsoft Sway Untuk Pembelajaran Fisika SMA

Authors

  • Shinta Nuriyah Mahbubiyah Royani Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember
  • Talitha Nabilah Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember
  • Alfrida Diftia Vestnanda Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember
  • Dita Fitriani Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember
  • Eza Bintang Ramadhan Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember
  • Srihandono Budi Prastowo Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31851/jupiter.v4i2.9709

Keywords:

Ikatan Atom, Media Pembelajaran Digital, Microsoft SWAY, Pembelajaran Fisika

Abstract

Pendidikan di Indonesia diharuskan mampu menghasilkan output dengan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan tujuan agar tercapainya Indonesia Emas 2045. Sumber daya manusia yang berkualitas akan bisa tercapai jika diimbangi dengan pelaksanaan pendidikan yang bermutu. Menurut data Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) 2018, Indonesia menduduki peringkat 70 dari 78 negara yang bergabung pada OECD. Hal ini menunjukan bahwa Indonesia berada pada kuadran low performance. Salah satu upaya yang dapat dilakukan agar pendidikan dapat terlaksana secara bermutu serta meningkatkan literasi sains adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran. Salah satu bentuk media pembelajaran inovatif adalah media pembelajaran digital. Salah satunya adalah dengan menggunakan Microsoft SWAY. Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini yaitu untuk mengembangkan dan menguraikan efektivitas media pembelajaran digital materi ikatan atom dan kaitannya dengan bahan untuk pembelajaran Fisika siswa SMA. Metode penulisan karya tulis ilmiah ini adalah library research (studi kepustakaan) dan survey secara virtual. Media ini dibuat melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan data dan informasi, perencanaan konten, desain dan pengembangan produk, validasi produk, uji coba produk, analisis dan pembahasan, serta penarikan kesimpulan.

References

Alam, R.F.S. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Content Wheel di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal pembelajaran inovatif. 4 (1): 1-14. http://dx.doi.org/10.21009/JPI.041.02

Asmara, Y. 2019. Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora . 2 (2):105-120. https://doi.org/10.31539/kaganga.v2i2.940

Darman, Regina Ade. 2017. Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika. 3(2): 73-87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320

Kemendikbud. 2017. Buku Literasi Sains Gerakan Literasi Nasional. Jakarta : Kemendikbud.

Mustadi, Ali., Wangid, M.N., Zubaidah, E., dan Irvan, M.F. 2020. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Kelas Awal Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(2). 202-208. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.330

Soepudin, Asep. 2018. Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Ipa Secara Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGDS STKIP Subang. 4(1): 50-58. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/65

Susilo, A. dan Sarkowi. 2018. Peran Guru Sejarah Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah. Vol. 2(1): 46. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206

Downloads

Published

2023-02-02