HORTIKULTURA: Solusi Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pedesaan

Authors

  • Khafid Ismail STKIP Nurul Huda OKU Timur
  • Muhamad Nanang Rifa'i
  • Siti Afifah
  • Muhammad Zainuddin Afas
  • Rusmiati Rusmiati

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v4i1.5484

Keywords:

Petani, Hortikultura, Manajemen Usaha, Produksi

Abstract

PKM ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus keterampilan terhadap kelompok masyarakat petani hortikultura yang terletak di Desa Kurungan Nyawa 1 Kabupaten OKU Timur. PKM ini di lakukan untuk pendampingan kepada masyarakat petani hortikultura terutama dalam hal: peningkatan produksi dan manajemen usaha. Untuk mencapai tujuan tersebut, PKM yang dilaksanakan mulai Oktober  hingga Desember 2020 menggunakan metode pelatihan dan pendampingan. Adapun transfer IPTEK dalam kegiatan pelatihan yang telah digelar yaitu: teknik budidaya, teknik penanganan hama penyakit, strategi pemesaran dan manajmen usaha. Hasil PKM ini menunjukkan bahwa anggota dari kelompok petani hortikultura memahami teknik-teknik budidaya dan pemilihan varietas yang unggul, Teknik perawatan dan penanggulangan penyakit pada tanaman, dan juga Teknik manajemen usaha.

References

Adiputra, Andre Kussuma & Dewi Ngaisyah (2020). “Peningkatan Kemampuan Pemasaran Kelompok Ibu-Ibu PKK Desa Kanigoro): Jurnal ABDIMAS UNNES.

Ahmad, H., Mulyadi, A., Oklianda, A., Putra, D. D., & Warmi, A. (2021). Student Responses during Online Learning in the Covid-19 Pandemic Period. In J. Phys. Conf. Ser..

Bisnis Liputan 6 (2020). Selama Pandemi, Serapan Teaga Kerja Sektor Pertanian Tumbuh 2,23 Persen.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perikanan dan Peternakan Kab. OKU Timur (2006)Pertanian | Ogan Komering Ulu Timur (okutimurkab.go.id) (diakses 20 April 2021).

Direktorat Jenderal Hortikultura (2020). Sektor Pertanian Tumbuh Paling Tinggi.

Rachmawati, D. W., Gunawan, H., Toyib, M., Aradea, R., & Januardi, J. (2018). Kiprah Tenaga Pendidik Ekonomi/Akuntansi Dalam Mengaplikasikan Kompetensi Di Keluarga, Masyarakat, Organisasi Dan Dunia Kerja. WAHANA DEDIKASI, 1(2).

Downloads

Additional Files

Published

2021-05-30