Penerapan Prinsip Pendidikan Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di Era Kenormalan Baru

Authors

  • Syska Purnama Sari Universitas PGRI Palembang
  • Arizona Arizona
  • Evia Darmawani
  • Taty Fauzi
  • Nurlela Nurlela
  • Endang Surtiyoni
  • Ramtia Darma Putri
  • M. Ferdiansyah

DOI:

https://doi.org/10.31851/dedikasi.v5i1.7261

Keywords:

Prinsip Pendidikan, Bimbingan dan Konseling, Kenormalan Baru

Abstract

Pandemi covid 19 yang menciptakan kebijakan baru dari pemerintah yang berupa pembelajaran dari rumah. Pendidik dan peserta didik sebagai sasaran dari kebijakan tersebut harus mampu beradaptasi sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan lancar. Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk memberikan pemahaman kepada peserta kegiatan yaitu guru-guru di SMK Negeri 1 Jejawi mengenai penerapan prinsip pendidikan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di era kenormalan baru. Metode pelaksanaannya adalah ceramah atau seminar berupa sosialisasi, diskusi dan tanya jawab. Hasil kegiatan pengabdian didapatkan bahwa secara keseluruhan kegiatan yang telah dilaksana berjalan dengan lancar, dan kegiatan ini juga memberikan pemahaman kepada Guru-Guru mengenai pelaksanaan layanan BK yang dapat membantu peserta didik dan pendidik dalam proses belajar mengajar secara daring di era kenormalan baru.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Aryansah, J. E., & Sari, S. P. (2021). Analisis Peran Regulasi Emosi Mahasiswa terhadap Kebijakan School From Home Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 6(1), 8–14.

Kartadinata, S. (2007). Teori Bimbingan Dan Konseling. Seri Landasan Dan Teori Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 1–14. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/195003211974121-SUNARYO_KARTADINATA/TEORI_BIMBINGAN_DAN_KONSELING-2.pdf

Kustian, N., Hidayatullah, R. S., & Ridwan, R. (2019). Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Sparkol Videoscribe dalam Pembuatan Bahan Presentasi pada Karang Taruna. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 38. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i01.2987

Musdalifah, A. (2020). MEDIA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 59–64.

Prasetya, A. F. (2017). Model Cybercounseling Chat-Asynchonous : Upaya Konselor Meningkatkan Layanan Konseling Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Prosiding Seminar Nasional: Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 326–332.

Putra, M. A., & Shofaria, N. (2020). Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Masa Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 4(2), 55. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v4n2.p55-61

Putri, V. D. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling Daring Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 7–16.

Rosadi, Hesti Yulia & Andriyani, D. F. (2020). Tantangan Menjadi Guru BK dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Konfrensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU)4, 356–363.

Sari, G. A. (2020). Guru Bimbingan Konseling dalam Fungsi pada Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh dari Rumah. Journal IKA : Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(2), 453–461.

Suherman, U. (2007). Manajemen Bimbingan dan Konseling (Jakarta). Madani Production.

Sulkipani. (2014). Prinsip-Prinsip dan Praktik Pendidikan untuk Membangun Warga Negara yang Demokratis. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 100–107.

Witono, A. H. (2020). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Progres Pendidikan, 1(3), 154–167.

Yusuf, Syamsu & Nurihsan, A. J. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-01-23