Analisis Pemilihan Toko Pempek Berdasarkan Karakteristik Konsumen Pempek Di Kota Palembang

Authors

  • Gemala Cahya Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Nancy Eka Putri Manurung Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Septi Hermialingga Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Abi Burhan Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Fernando Africano Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/jipbp.v18i1.11676

Keywords:

Consumer, Characteristic, Pempek Stores

Abstract

Palembang memiliki begitu banyak Toko Pempek. Setiap toko pempek tersebut memiliki karakteristik konsumen yang berbeda. Tujuan Penelitian ini ialah menganalisis  pemilihan toko pempek sesuai dengan karakteristik konsumen pempek. Penelitian dilaksanakan pada enam toko pempek berbeda berdasarkan grade. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) mengingat bahwa semakin banyak objek  menggunakan harga yang tidak sama diharapkan dapat menjangkau responden lebih merata. Penelitian lapang dilaksanakan di Bulan Mei-Juni 2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode survei yang berkaitan dengan situasi yang memerlukan teknik pengumpulan data tertentu seperti wawancara, angket atau observasi sehingga dapat memperoleh gambaran nyata di lapangan. Analisis yang digunakan ialah analisis secara deskriptif dan analisis uji square. Berdasarkan hasil penelitian tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin dan umur terhadap pemilihan toko pempek. Berdasarkan hasil uji chi square pendidikan akhir, pekerjaan, dan pendapatan memiliki korelasi dengan pemilihan toko pempek.

Palembang had so many Pempek Shops. Each pempek shops had different consumer characteristics. The motive of this study is to analyze of electing pempek shops based on characteristics of consumer pempek in Palembang. The study turned into conducted in six exceptional pempek shops based on grade. The choice of research sites is completed deliberately (purposive) considering that more and more objects with different price variations are anticipated to reach respondents greater evenly. Field research turned into conducted in May-June 2017. The technique used in this observe is a survey approach related to situations that require positive statistics series techniques which include interviews, questionnaires or observations within the wish of obtaining a actual photograph inside the field. he evaluation used is descriptive evaluation and square take a look at evaluation. based totally on the effects of the observe, there was no courting between gender and age on the selection of pempek stores. based totally on the effects of the chi square take a look at of final schooling, employment, and earnings have a dating with electing pempek shops.

 

References

Badan Pusat Statistik (BPS). 2015. https://palembangkota.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/13. Jumlah Penduduk Berdasarkan Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kota Palembang Pada Pertengahan Tahun 2014-201. Diakses pada tanggal 20 Januari 2017.

Cahya, G., Sari, S. R., & Wildayana, E. (2020). Analisis Karakteristik Toko Pempek berdasarkan Bahan Baku di Kota Palembang. Clarias: Jurnal Perikanan Air Tawar, 1(1), 19-22.

Cahya, G., Sari, S. R., & Wildayana, E. (2021). Karakteristik Toko Pempek Berdasarkan Fasilitas Di Kota Palembang. Clarias: Jurnal Perikanan Air Tawar, 2(1), 7-10.

Cahya, G., & Sari, S. R. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Pempek Di Kota Palembang. Clarias: Jurnal Perikanan Air Tawar, 3(2), 20-30.

Febianti, Y. N, 2014. Permintaan dalam Ekonomi. Jurnal Edunomic. Vol. 2 No. 1 Tahun 2014.

Ikram, M., AM, Sanusi, Ansar. 2015. Hubungan Tingkat Pendapatan dengan Tingkat Konsumsi Masyarakat di Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Jurnal Ekonomi Balance Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Vol 11 No. 1 Tahun 2015.

Julianto, D. dan Utari, P.A. 2019. Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Individu di Sumatera Barat. Jurnal Ikraith Ekonomika. Vol 2 No. 2 Bulan Juli 2019.

(KKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pedoman Gemarikan. 2013. Jakarta [ID]. Direktorat Pemasaran Dalam Negeri, Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan [KKP] Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Mariaji, W danYuniarti, T. 2014. Pengaruh dan Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Compact disc di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.Vol. 3 No.8.

Moelyati, T. A. 2013. Analisis Perilaku Konsumen Dan Pengaruhnya Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Makanan Khas Palembang Berbasis Ikan. Desertasi (tidak dipublikasikan). Program Doktor Ilmu-Ilmu Pertanian. Universitas Sriwijaya. Palembang.

Nurfitriana, N. 2016. Perilaku Kewirusahaan Pelaku Usaha Pempek Skala Industri Mikro dan Kecil di Kota Palembang. Tesis. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Raharjo, M. M. I. (2022). Manajemen Pelayanan Publik. Bumi Aksara.

Suswanti. 2013. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Makanan Cepat Saji pada Mahasiswa Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. UIN Syarif Hidayatulah. Jakarta.

Zaini, M. 2015. Ikan untuk Ketahanan Panganan dan Gizi Nasional. Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Gemala Cahya, Nancy Eka Putri Manurung, Septi Hermialingga, Abi Burhan, & Fernando Africano. (2023). Analisis Pemilihan Toko Pempek Berdasarkan Karakteristik Konsumen Pempek Di Kota Palembang. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan Dan Budidaya Perairan, 18(1), 60–68. https://doi.org/10.31851/jipbp.v18i1.11676