SEBARAN DAERAH PENANGKAPAN ALAT TANGKAP SONDONG DI SELAT RUPAT PERAIRAN KOTA DUMAI

Authors

  • Deni Sarianto
  • Suci Asrina Ikhsan
  • Rangga bayu Kusuma Haris
  • Djunaidi Djunaidi

DOI:

https://doi.org/10.31851/jipbp.v14i1.3363

Abstract

Selat Rupat merupakan selat perairan penghubung transportasi dari kota Dumai ke pulau Rupat. Aktifitas kapal transportasi yang menggunakan Selat Rupat membuat aktivitaspenangkapan ikan terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi sumberdaya ikan dengan alat tangkap sondong dan mengkaji sebaran daerah penangkapan ikan dengan alat tangkap Sondong di perairan Kota Dumai. Hasil penelitian menunjukkan hasil tangkapan utama sondong berupa Udang putih (Pennaeus sp) dan  udang merah (Panaeus monodon). Penangkapan  ikan dengan sondong hanya terdapat di kecamatan Sungai Sembilan yaitu pada perairan Tanjung Ketam, Tanjung Bakau Tua sampai tanjung Senapies. Kegiatan dilakukan pada saatair bergerak pasang dan pada saat air bergerak surut dengan kedalaman perairan 1.5 meter sampai 4 meter. Perairan Selat Rupat sudah tidak berpotensial sebagai daerah penangkapan ikan terutama untuk daerah penangkapan sondong dimana perairan ini telah banyak beralih fungsi menjadi tempat berlabuh kapal-kapal niaga.

 

Kata Kunci: Selat Rupat, Sondong, Daerah Penangkapan Ikan

References

Anonim. 2019. Navionics Web. https://webapp.navionics.com [diunduh: Mei 2019]

Aryastana, P., Eryani, I.G.A.P., and Candrayana, K.W. (2017). Perubahan Garis Pantai dengan Citra Satelit di Kabupaten Gianyar. PADURAKSA Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa 5 : 70–81.

Febrita, E., Darmadi, D., and Trisnani, T. (2013). Kandungan Logam Berat Tembaga (cu) pada Siput Merah (Cerithidea sp) di perairan laut Dumai Provinsi Riau. Pros. SEMIRATA 2013 1.

Dinas Perikanan. 2018. Laporan Tahunan Tahun 2018. Dinas Perikanan Daerah Tingkat II Kota Dumai, Dumai.

Nastiti, A.S., Putri, M.R.A., Saepulloh, H., Pemulihan, B.P., and Ikan, K.S.D. (2012). Teluk Cempi sebagai Kawasan Penghasil Udang yang Potensial di Nusa Tenggara Barat. Prosiding Seminar Nasional Perikanan Tangkap, pp. 325–332.

Negari, C.A.S., Triarso, I., and Kurohman, F. (2017). Analisis Spasial Daerah Penangkapan Ikan Dengan Alat Tangkap Gill Netdii Perairan Pasir, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. J. Perikan. Tangkap Indonesia. Jurnal Capture Fish. 1.

Sarianto, D., Simbolon, D., and Wiryawan, B. (2017). Dampak Pertambangan Nikel Terhadap Daerah Penangkapan Ikan di Perairan Kabupaten Halmahera Timur. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia 21 :, 104–113.

Siregar, Y.I., and Edward, J. (2014). Faktor konsentrasi Pb, Cd, Cu, Ni, Zn dalam sedimen perairan pesisir kota dumai. Maspari Jurnal 1 : 1–10.

Suryono, C.A. (2016). Akumulasi Logam Berat Cr, Pb dan Cu dalam Sedimen dan Hubungannya dengan Organisme Dasar di Perairan Tugu Semarang. Jurnal Kelautan Tropis 19 : 143–149.

Zain, J. (2016). Komparasiefisiensi Waktu Bongkardan Waktu Pengisian Perbekalan Melautkapal Perikanan Sondong di PPI Dumai Provinsi Riau. Jurnal IPTEKS Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. 2.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Sarianto, D., Asrina Ikhsan, S., Kusuma Haris, R. bayu, & Djunaidi, D. (2019). SEBARAN DAERAH PENANGKAPAN ALAT TANGKAP SONDONG DI SELAT RUPAT PERAIRAN KOTA DUMAI. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan Dan Budidaya Perairan, 14(1). https://doi.org/10.31851/jipbp.v14i1.3363