KARAKTERISTIK RENGGINANG DENGAN PENAMBAHAN SURIMI IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) PADA KOMPOSISI YANG BERBEDA

Authors

  • H. B. Fiertarico
  • Helmi Harris
  • fitra mulia Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/jipbp.v14i1.3369

Abstract

Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari lalu digoreng dengan minyak panas dalam jumlah yang banyak.Umumnya makanan rengginang terbuat dari nasi sisa dan beras ketan dan juga kerak nasi sisa menanak yang melekat pada dandang atau periuk nasi yang kemudian dikeringkan dan digoreng, namun seiring perkembangan jaman Rengginang sudah banyak mengalami perubahan bahan baku, salah satunya rengginang yang diolah dengan bahan baku Singkong. Kandungan gizi pada rengginang singkong dapat ditingkatkan lagi dengan cara menambahkan surimi ikan Patin (Pangasius hypophthalmus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik rengginang yang diberi perlakuan penambahan surimi ikan Patin (Pangasius hypophthalmus). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 taraf perlakuan dan dilakukan 3 kali ulangan, dengan perlakuan faktor tunggal persentase surimi ikan Patin (Pangasius hypopthalamus) yang berbeda (b/b)  yaitu : 0%, 50%, 100%, dan 150% (dari berat bahan baku singkong) Hasil penelitian didapat perlakuan terbaik yaitu perlakuan R150 % (Dari bahan baku Singkong parut), dengan hasil uji fisik yaitu : tekstur 1288,57, warna (lightness38.63, chroma 23.93, hue 34.33), daya kembang : 25.00 %

 

Kata Kunci: Ikan Patin, Rengginang, Singkong

References

Afriansyah, E. 2015. Penambahan Daging Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) Dengan Komposisi Yang Berbeda Terhadap Karakteristik Mie Instan. Skrispsi. Palembang : Universitas PGRI Palembang.

Aslami, H. 2014. Penambahan Tepung Keong Tutut (Bellamnya javanica) Dengan Komposisi Yang Berbeda Terhadap karakteristik Kerupuk. Palembang : Universitas PGRI Palembang.

Delfansyah, R 2015. Mutu Nugget Ikan Patin (Pangasius hypopthalamus) Dengan Penambahan Komposisi Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Yang Berbeda. Skripsi. Palembang : Universitas PGRI Palembang.

Febrina J, et.al,. 2012. Pengaruh Penambahan Daging Ikan Patin (Pangasius hypopthalamus) Pada Pengolahan Rengginang Ubi Kayu (Manihot esculenta C) Terhadap Penilaian Organoleptik. Riau : Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau.

Hidayat, B., Kalsum, N., Surfiana. 2009. Perbaikan Karakteristik Tepung Ubi Kayu Menggunakan Metode Pragelatinisasi Parsial. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I. Politeknik Negeri Lampung.

Ishak, A et.al., 2015. Analisa Nilai Tambah, Keuntungan dan Titik Impas Pengolahan Hasil Rengginang Ubi Kayu Skala Rumah Tangga Di Kota Bengkulu. Jurnal Seminar Nasional Optimalisasi Pekarangan untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat dan Pengembangan Agribisnis.

Khairuman dan K. Amri. 2001. Membuat Pakan Ikan Konsumsi. Agromedia Pustaka. Tangerang.

Nany Suryani, Rosita, Uswatun Hasanah. Perbedaan Kadar Protein dan Kadar Lemak Ikan Patin (Pangasius hypophtalmus) yang Diolah secara Digoreng, Dipanggang dan Direbus. STIKES Husada Borneo, Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Septiani, D. et.al., 2015. Uji Karateristik Fisik, Kimia dan Organoleptik Pembuatan Tepung Umbi Suweg (Amorphophallus campanulatus B) Sebagai Bahan Pangan Alternatif. Jurnal Bioproses Komoditas Tropis. 3 (1).

Surya,P. et.al,. 2010. Kandungan Natrium Beberapa Jenis Sambal Kemasan Serta Uji tingkat penerimaannya. Jurnal PGM. 33(2): 173-179.

Zaizala, A. 2014. Pemanfaatan Kaldu Kepala Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei) Sebagai Flavor Dalam Pengolahan Kerupuk Kemplang Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Skripsi. Palembang : Universitas PGRI Palembang.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Fiertarico, H. B., Harris, H., & mulia Jaya, fitra. (2019). KARAKTERISTIK RENGGINANG DENGAN PENAMBAHAN SURIMI IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) PADA KOMPOSISI YANG BERBEDA. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan Dan Budidaya Perairan, 14(1). https://doi.org/10.31851/jipbp.v14i1.3369