INDEKS PREVALENSI DAN INTENSITAS EKTOPARASIT PADA IKAN BOTIA (Chromobotia macracanthus ) DI SUMATERA SELATAN

Authors

  • Erik Ariyanto
  • Syaeful Anwar
  • sofian sofian

DOI:

https://doi.org/10.31851/jipbp.v14i1.3370

Abstract

Ikan Botia (Chromobotia macracanthus) merupakan salah satu ikan hias air tawar asli dari provinsi Sumatera Selatan dan Kalimantan yang paling banyak di ekspor keluar negeri. Serangan penyakit ikan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan usaha sebagai ekspotir ikan hias Botia.Salah satu jenis penyakit yang menyerang yaitu parasit. Parasit dapat didefinisikan sebagai organisme yang hidup pada organisme lain yang disebut inang dan mendapat keuntungan dari inang yang ditempatinya hidup, sedangkan inang menderita kerugian. Penelitian tentang indeks prevalensi dan intensitas ektoparasit pada ikan Botia di Sumatera Selatan, telah dilaksanakan pada bulan Maret - April 2018. Bertempat di penampungan ikan hias eksportir di provinsi Sumatera Selatan, sedangkan untuk pengamatan ektoparasit dilakukan di Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Palembang. Tujuan penelitian mengidentifikasijenis ektoparasit, menentukan nilai prevalensi dan nilai intensitas  yang menyerang ikan Botia siap ekspor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Untuk penentuan pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling.sebanyak 3 stasiun yaituKelurahan 18 Ilir, Kelurahan Sukabangun dan Kelurahan Sukajadi  Banyuasin. Hasil pengamatan selama penelitian mengenai indeks prevalensi dan intensitas ektoparasit pada ikan Botia di Sumatera Selatan yang siap untuk di ekspor hanya ditemukan satu jenis ektoparasit yaitu Trichodina sp.Nilai prevalensi parasit pada ikan Botia di Stasiun I  18 Ilir adalah 100 %, staSiun II Sukabangun adalah 100 % dan Stasiun III Sukajadi adalah 100 %.  Sedangkan nilai intensitas serangan parasit pada masing-masing lokasi adalah stasiun I 18 Ilir 152,13 ind/ekor, stasiun I Sukabangun 33,1 ind/ekor dan stasiun III Sukajadi112 ind/ekor.

Kata Kunci: Ektoparasit, Ikan Botia, Intensitas, Prevalensi.

References

Afrianto, E dan Liviawaty.2006.Pengendalian Hama dan Penyakit Ikan.Kanisius.Yogyakarta.

Anshari, H. 2008. Tingkat Infeksi Parasit pada Ikan Mas Koki (Cyprinus carpio) pada Beberapa Lokasi Budidaya Ikan Hias di Makasar dan Gowa (Parasitic Infections of Koi Carp Cultured in Makassar and Gowa).J Sains & Tek 8 (2):139-147.

Bhakti, S. 2011. Prevalensi dan Identifikasi Ektoparasit pada Ikan Koi (Cyprinus carpio) di Beberapa Lokasi Budidaya Ikan Hias di Jawa Timur.Skripsi. Fakultas Kedokteran Hewan. Universitas Airlangga. Surabaya.

Balta, F.S, S, Kayis., and I, Altinok. 2008. External Protozoan Parasite in Three Trout Species in The Eastern Black Sea Region of The Turkey : Intensity, Seasonality, and Their Treatment. Bull. Eur. Ass. Fish Pathol : 157-161

Cahyono, B. 2009. Budidaya Lele dan Betutu (Ikan Langkah Bernilai). Pustaka Mina. Jakarta

Ghufran, M.H. Kordi, K.A.B. Tancung. 2007. Pengelolaan kualitas air dalam budidaya perairan. Rineka Cipta, Jakarta.

Irianto, A. 2005.Patologi Ikan Teleostei. Gajah Mada University Press: Yogyakarta.

Jahja, F. 2009. Tingkat Serangan Parasit pada Larva Kepiting Bakau (Scylla serrata) stadia zoea-megalopa yang diberi Glukosa Terlarut. Skripsi. Universitas Hasanuddin Makassar.

Kabata, Z. 1985. Parasites and Diseases of Fish Cultured in The Tropics. Tailor and Feancis Inc. London and Philadelphia.318 hal.

Lom, J. 1995. Trichodinidae and ther Ciliates.P : 22-262 In P.T.K.Woo (Ed), Deseases and Disorder. Vol 1.Protozoan and Metazoan infection. University Press. Cambridge.

Maulana, D, M, Sugito , dkk. 2017. Intensitas Prevalensi Parasit Pada Ikan Betok (Anabas testudinus) dari Perairan Umum Darata Aceh Bagian Utara. Universitas Syiah Kuala. Aceh

Mulia, D, S. 2006. Tingkat Infeksi Ektoparasit Protozoa pada Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Balai Benih Ikan (BBI) Pandak dan Sidobowa, Kabupaten Banyumas.Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Sains Aquatik 10 (1) : 1-11

Pusat Karantina dan Kemananan Hayati Ikan Badan Karantina Ikan Pengendali Mutu dan Kemanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2016. Petunjuk Teknis Monitoring Penerapan cara Karantina Ikan yang Baik (CKIB) dan Survailan Hama dan Penyakit Ikan Karantina (HPIK)/ Hama dan Penyakit Ikan (HPI) Tertentu. Pusat Karantina dan Kemananan Hayati Ikan Badan Karantina Ikan Pengendali Mutu dan Kemanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Rahayu, A.M, 2009. Keragaman dan Keberadaan Penyakit Bakterial dan Parasit Benih Kerapu Macan (Epineptelus fuscoguttatus) di Keramba Jaringan Apung Balai SEA Farming Kepulauan Seribu Jakarta.[Skripsi].Fakultas Perikanan dan Kelautan. Intitut Pertanian Bogor

Ristyana, 2015.Inventarisasi Patogen pada Ikan Botia di Stasiun Karantina ikan Kelas I Supadio, Pontianak. Pontianak.

Robin. 2007. Inventarisisasi parasit Pada Ikan Hias Botia di Sungai Klekar, Kabuaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan. Universitas Sriwijaya. Palembang.

Satyani, D., H. Mundriyanto, S. Subandiyah, Chumaidi, Sudarto, J. Slembrouck, M. Legendre, dan L. Pouyaud. 2006a.Pembenihan botia (Chromobotia macracanthus Bleeker) skala Laboratorium. Petunjuk Teknis Loka Riset Budidaya Ikan Hias Air Tawar, Depok. 17 pp.

Satyani, D., J. Slembrouck., S. Subandiyah dan M. Legendre. 2016. Peningkatan teknis pembenihan ikan hias botia, Chromobotia macracanthus (Bleeker). J. Ris. Akuakultur 2 (2) : 135-142.

SKIPM, 2017. Data Lalulintas Ekspor. Palembang

Suhardi, Raharjo, E.I, dan Sunarto. 2014. Tingkat Serangat Ektoparasit Pada Ikan Patin Siam (Pangasius hypopthalmus) Yang di Budidayakan Dalam Keramba Di Sungai Kapuas Kota Pontianak. Jurnal Ruaya Vol. 1.No. 1.Th. 2014.FPIK UNMUH-PNK.ISSN 2338-1833.42-52 hal.

Yuliartati, E. 2011. Tingkat Serangan Ektoparasit pada Ikan Patin (Pangasius djambal) pada beberapa pembudidaya ikan di Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin Makassar. Makassar.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Ariyanto, E., Anwar, S., & sofian, sofian. (2019). INDEKS PREVALENSI DAN INTENSITAS EKTOPARASIT PADA IKAN BOTIA (Chromobotia macracanthus ) DI SUMATERA SELATAN. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan Dan Budidaya Perairan, 14(1). https://doi.org/10.31851/jipbp.v14i1.3370