LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK Diaphanosoma sp. DENGAN PAKAN Chaetoceros sp., Nannochloropsis sp., Porphyridium sp., DAN Tetraselmis sp.

Authors

  • Nurmalasari Nurmalasari
  • Emy Rusyani Koodinator Laboratorium Zooplankton Balai Besar Perikanan Budidaya Laut Lampun
  • Ika Chandra Alumni Program Studi Budidaya Ikan Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang
  • Syaeful Anwar Department of Fish Farming, Faculty of Fisheries, Universitas PGRI Palembang Indonesia
  • Reno Fitriyanti Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/jipbp.v15i1.4382

Keywords:

Diaphanosoma sp., Fitoplankton, Pertumbuhan.

Abstract

Diaphanosoma sp. merupakan salah satu spesies dari Cladocera yang dapat diberikan pada larva ikan dimana memiliki keunggulan diantaranya yaitu mudah dikultur dengan pertumbuhan yang singkat sehingga dapat diproduksi secara massal. Diaphanosoma sp. digunakan sebagai pakan alami larva ikan, permasalahannya adalah kebutuhan masih kurang terpenuhi jika hanya dari alam. Maka dari itu dibutuhkan budidaya Diaphanosoma sp. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung laju pertumbuhan spesifik Diaphanosoma sp. dengan pakan fitoplankton berbeda. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2019 di Laboratorium Zooplankton Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung. Metode yang digunakan adalah eksperimen laboratorium dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) menggunakan 4 taraf perlakuan dengan 3 ulangan. Perlakuan (P) yang dilakukan adalah pemberian pakan Diaphanosoma sp. menggunakan fitoplankton berbeda dengan P1 (Chaetoceros sp.), P2 (Nannochloropsis sp.), P3 (Porphyridium sp.), dan P4 (Tetraselmis sp.). Data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan terbaik terhadap Diaphanosoma sp. terdapat pada P3 dengan laju pertumbuhan spesifik (7.64 %).

Author Biography

Syaeful Anwar, Department of Fish Farming, Faculty of Fisheries, Universitas PGRI Palembang Indonesia

References

Aryanto A. 2008. Laju Pertumbuhan Diaphanosoma sp. Dengan Pemberian Pakan Nannochloropsis sp. Tetraselmis sp. dan Dunaliella sp. Dalam Kondisi Laboratorium. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung (tidak dipublikasikan).

Asriyana dan Yuliana. Produktivitas Perairan. Bumi Aksara, Jakarta.

Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut. 2007. Budidaya Fitoplakton dan Zooplankton. Lampung: Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Departemen Kelautan dan Perikanan

Basri S. 2013. Pakan dan Pemberian Pakan. Kendari, Universitas Haluoleo.

Boyd, C.E, 1982. Water Quality Management For pond Fish Culture Development. In Aquaculture and Fish Science, Vol. 9. Elsevier Scientific Pub. Comp 318p.

Buwono, I. D.2002. Tambak Udang Windu Sistem Pengelolaan Berpola Intensif. Kanisisus. Yogyakarta.

Effendi, H. 2000. Telaah Kualitas Air : Bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan. Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan IPB. Bogor.

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Kanisius. Yogyakarta. Indonesia.

Isnansetyo, A. dan Kurniastuty. 1995. Teknik Kultur Fitoplankton dan Zooplankton Pakan Alami untuk

Pembenihan Organisme Laut. Kanisius, Yogyakarta. Jhonson. P.T ; J. Longcore And ER Preu. 2006. Chytrid infection of Daphnia Pulicarida : Development, ecology of polycaryum leave. Freswater biologi 51: 634-648.

Kementerian Kelautan Perikanan (KKP). 2011. Analisis Usaha Perikanan Budidaya. Jakarta: Kementerian Kelautan Perikanan.

Rusyani, E., L. Erawati. dan A. Hermawan. 2005. Budidaya Zooplankton dalam Pembenihan Kuda Laut. Balai Budidaya Laut Lampung Dirjen Perikanan Budidaya DKP, Lampung.

Sanusi, H. 2004. Karakteristik Kimia Dan Kesuburan Perairan Teluk Pelabuhan Ratu Pada Musim Barat dan Timur. Jurnal Ilmu-ilmu Perairan dan Perikanan Indonesia. Jilid II, No 2. Departemen Sumber Daya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB Bogor. 89 hal.

Tavares, S.L.H and Pereira, A.M.L. 2008. Large Scale laboratory Cultures of Ankistrodesmus gracilis (Reisch) Korsikov (Chlorophyta) and Diaphanosoma biergei Korinek, 1981 (Cladocera). J. Biol., 68(4): 875883.

Thariq, M., V. Retno., S Antoro, dan L. Erawati. 2007. Biologi Fitoplankton dan Zooplankton dalam Budidaya Fitplankton dan Zooplankton. Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut Lampung. Dirjen Perikanan Budidaya DKP, Lampung.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Nurmalasari, N., Rusyani, E., Chandra, I., Anwar, S., & Fitriyanti, R. (2020). LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK Diaphanosoma sp. DENGAN PAKAN Chaetoceros sp., Nannochloropsis sp., Porphyridium sp., DAN Tetraselmis sp. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan Dan Budidaya Perairan, 15(1), 21–27. https://doi.org/10.31851/jipbp.v15i1.4382