Kinerja Reproduksi dan Produksi Benih Ikan Kerapu Hibrida (Epinephelus sp.) yang Diproduksi Oleh Unit Pembenihan Di Bali Utara

Authors

  • Diah Ayu Satyari Utami Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana
  • Alfandi Fatchur Rizki Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana
  • Anisa Sufiati Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana
  • Hakimatul Azizah Ainun Riyadi Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana
  • Arief Angga Maulana Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana
  • Masya Dina Fardhani Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

DOI:

https://doi.org/10.31851/jipbp.v17i2.9244

Keywords:

hibrida, ikan kerapu, kinerja produksi, kinerja reproduksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja reproduksi dan kinerja produksi benih ikan kerapu hibrida yang diproduksi oleh unit pembenihan di Bali Utara. Penelitian ini dilakukan pada beberapa unit pembenihan yang memproduksi larva ikan kerapu hibrida seperti ikan kerapu cantang dan ikan kerapu cantik yang terletak di Bali Utara yang terdiri atas unit pembenihan di Desa Gerokgak, Desa Penyabangan, dan Desa Sanggalangit. Parameter yang diamati meliputi kriteria induk, jumlah telur, derajat pembuahan, derajat penetasan, kualitas air, perkembangan larva, dan kinerja produksi. Perkembangan larva dan kinerja produksi diamati hingga umur pemeliharaan 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah telur yang dihasilkan oleh ikan kerapu cantang mencapai 4.605.600 butir/induk ikan kerapu macan dengan derajat pembuahan dan derajat penetasan 60 dan 86%, sedangkan ikan kerapu cantik menghasilkan 4.651.200 butir/induk ikan kerapu macan dengan derajat pembuahan dan derajat penetasan 93 dan 55%. Kinerja produksi pada pembenihan ikan kerapu cantang menunjukkan tingkat kelangsungan hidup 38,25%, panjang akhir 0,91 cm, dan bobot akhir 0,02 g, sedangkan kinerja produksi pada pembenihan ikan kerapu cantik menunjukkan tingkat kelangsungan hidup 56%, panjang akhir 1,86 cm, dan bobot akhir 1,25 g. Hal ini menunjukkan bahwa ikan kerapu cantik memiliki kinerja reproduksi dan kinerja produksi yang lebih tinggi dibanding ikan kerapu cantang.

Author Biographies

Diah Ayu Satyari Utami, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

Program Studi Budi Daya Ikan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

Alfandi Fatchur Rizki, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

Program Studi Budi Daya Ikan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

Anisa Sufiati, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

Program Studi Budi Daya Ikan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

Hakimatul Azizah Ainun Riyadi, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

Program Studi Budi Daya Ikan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

Arief Angga Maulana, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

Program Studi Budi Daya Ikan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

Masya Dina Fardhani, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

Program Studi Budi Daya Ikan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana

References

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Nilai Ekspor Kerapu Hidup Indonesia. www.bps.go.id. Diakses tanggal 12 September 2022.

[BSN] Badan Standardisasi Nasional. 2011. Standar Nasional Indonesia 6488.1:2011, Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus, Forskal) - Bagian 1: Induk. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

[BSN] Badan Standardisasi Nasional. 2014. Standar Nasional Indonesia 8036.2:2014, Ikan Kerapu Cantang (Epinephelus fuscoguttatus, Forsskal 1775 >< Epinephelus lanceolatus, Bloch 1790) Bagian 2: Produksi Benih Hibrida. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta.

Ismi, S. 2014. Aplikasi Teknologi Pembenihan Kerapu untuk Mendukung Pengembangan Budidaya Laut. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis Vol. 6(1): 109-119.

Ismi, S. 2017. Produksi Telur Ikan Kerapu Hibrida untuk Menunjang Usaha Pembenihan. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis Vol. 9(2): 783-794.

Ismi, S. Asih, Y.N., Kusumawati, D. 2013. Peningkatan Produksi dan Kualitas Benih Kerapu dengan Program Hybridisasi. Jurnal Oseanologi Indonesia Vol. 1(1): 1-5.

Ismi, S., Hutapea, J.H., Kusumawati, D., Asih, Y.N. 2018. Perkembangan Morfologi dan Perilaku Larva Ikan Kerapu Hibrida Cantik pada Produksi Massal. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis Vol. 10(2): 431-440.

Johnston, B. Yeeting, B. 2006. Economics and Marketing of the Live Reef Fish Trade in Asia-Pacific. ACIAR Working Paper Number 60. Australian Centre for International Agricultural Research. Canberra.

Setiadharma, T., Prijono, A., Giri, N.A. 2003. Aplikasi Hormon LHRH-a untuk Perkembangan Gonad dan Pemijahan Induk Ikan Kerapu Batik (Epinephelus microdon). Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia Vol. 9(1): 7-10.

Soemarjati, W., Muslim, A.B., Susiana, R., Saparinto, C. 2015. Bisnis dan Budi Daya Kerapu. Penebar Swadaya. Jakarta.

Syarif, A.F., Soelistyowati, D.T., Arfah, H. 2019. Performa Pertumbuhan Hibrida antara Ikan Kerapu Batik Betina (Epinephelus microdon) dengan Ikan Kerapu Kertang Jantan (E. lanceolatus) yang Dipelihara pada Salinitas Berbeda. Journal of Tropical Marine Science Vol. 2(1): 23-28.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Utami, D. A. S., Rizki, A. F., Sufiati, A., Riyadi, H. A. A., Maulana, A. A., & Fardhani, M. D. (2022). Kinerja Reproduksi dan Produksi Benih Ikan Kerapu Hibrida (Epinephelus sp.) yang Diproduksi Oleh Unit Pembenihan Di Bali Utara. Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan Dan Budidaya Perairan, 17(2), 149–159. https://doi.org/10.31851/jipbp.v17i2.9244