Era Baru Pembelajaran Matematika: Menyongsong Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11155Keywords:
pembelajaran, matematika, era baru, Society 5.0Abstract
Hubungan yang paling utama antara dunia pendidikan dan era society 5.0 salah satunya adalah perkembangan pesat teknologi. Tentunya hal tersebut benar-benar mempengaruhi bidang pendidikan secara umum, serta elemen-elemen pendidikan pada khususnya seperti guru, metode pembelajaran, pola pikir pembelajaran, dan media-media pembelajaran. Salah satu bidang yang juga terpengaruh oleh Society 5.0 adalah pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian literature review. Dimana literature review adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengevaluasi sumber-sumber terdahulu yang terkait dengan topik yang diteliti. Setelah melakukan analisis dan penelitian, dapat disimpulkan bahwa Era baru pembelajaran matematika saat ini dituntut untuk dapat menyongsong dunia yang dipenuhi dengan teknologi yang selalu berkembang. Hal ini dapat terjadi karena teknologi mempunyai peran yang begitu penting bagi kehidupan manusia, peran tersebut juga tampak dalam perkembangan pendidikan dan pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika dapat membantu peserta didik untuk belajar dengan lebih cepat dan efektif, serta dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
References
Ansar, A. (2020). Pelatihan GeoGebra pada Materi Bangun Datar bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama di Kec. Wonomulyo. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 30-36.
Ariastika, D. (2022). Penerapan Literasi Digital pada Pembelajaran IPA dalam Menghadapi Kesiapan Pendidikan di Era Society 5.0. Prosiding FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan: Inovasi Pendidikan di Era Society 5.0, 132-142. Palangkaraya: IAIN Palangkaraya.
Artanti, Y., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Tepytha. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 25-38.
Chandra, A. E., & Amirrudin. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Peluang (Studi Eksperimen di Kelas XI SMK Pariwisata Kota Cirebon). Jurnal Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 2(1), 224-234.
Darmayunata, Y., Syam, F. A., & Van FC, L. L. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-Learning Berbasis Web di SMP Negeri 10 Pekanbaru. J-COSCIS: Journal of Computer Science Community Service, 1(2), 143-148.
Erlinawati. (2018). Penggunaan Aplikasi GeoGebra Untuk Meningkatkan Motivasi Pelajaran Matematika. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 47-52.
Faiza, N., & Kristina, A. (2021). Interaksi Teknologi dan Tenaga Kerja: Peran Teknologi pada Daya Saing Produk (Studi Kasus Sentra Usaha Kecil dan Menengah Bordir Bangil Pasuruan). Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Enterpreneurship, 10(2), 181-195.
Franselaa, K., Syahputra, E., & Banjarnahor, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Peserta Didik pada Materi Dimensi Tiga. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 71-79.
Fredlina, K. Q., Putri, G. A., & Putri, N. L. (2021). Penggunaan Teknologi sebagai Media Pembelajaran Matematika di Era New Normal. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 79-84.
Gumilar, R., & Hermawan, Y. (2021). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Metode E-Learning. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 9(1), 71-76.
Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68-73.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59-69.
Kawiyah, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201-210.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100.
Munawaroh, S., Ahmadah, I. F., & Purbaningrum, M. (2021). E-Magmath Berbasis Flipbook pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP/MTS. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 45-54.
Nuha, M. A. (2016). Integrasi Teknologi Dalam Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 146-150. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Putra, A. S., & Aisyah, N. (2021). Sistem Pembelajaran Online Menggunakan Virtual Reality. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 3, 295-303. Majalengka: Universitas Majalengka.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0:2-54 Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.
Rahmatia, M., Monawati, M., & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 212-227.
Ramdhan, W., Nofriadi, N., & Dahriansyah, D. (2022). Masyarakat Bijak dalam Memanfaatkan Sosial Media di Era Society 5.0. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 159-164.
Serlina. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Jurnal Didactical Mathematic, 4(1), 230-240.
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano: Jurnal Kreatif dan Inovasi, 8(1), 1-7.
Subarianto, S., Ikhsan, M., & Munzir, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 7(1), 127-135.
Sudihartinih, E., Hajizah, M. N., & Marzuki, M. (2021). Penggunaan Teknologi Digital pada Perkuliahan Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 59-66.
Sururuddin, M., Husni, M., Jauhari, S., Aziz, A., & Ilhami, B. S. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143-148.
Sutrisno. (2013). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Gaung Persada Press.
Swara, G. Y., Ambiyar, A., Fadhilah, F., & Syahril, S. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Mendukung Proses Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 105-117.
Wungo, D. P., Susilo, D. A., & Pranyata, Y. I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(2), 87-95.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hardika Saputra, Lintang Fitra Utami, Ramadhani Dewi Purwanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.