Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL INDIKTIKA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN UMUM PENULISAN ARTIKEL PADA JURNAL INDIKTIKA

 

  1. Artikel membahas tentang penelitian pendidikan matematika, pembelajaran matematika, inovasi pembelajaran matematika, kajian teoritis pendidikan matematika, penggunaan IT dalam pembelajaran matematika, dan evaluasi pendidikan matematika.
  2. Artikel dapat berupa hasil penelitian atau non penelitian.
  3. Artikel belum pernah dipublikasikan oleh jurnal lain dan tidak sedang dalam pengajuan pemuatan di jurnal lain.
  4. Artikel tidak mengandung plagiat yang dibuktikan dengan pernyataan tertulis dari penulis. Jika mengandung plagiat, artikel akan ditolak.
  5. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  6. Khusus untuk daftar pustaka, untuk menghindari plagiat, agar diperiksa kembali kebenaran kutipan dalam naskah (nama pengarang, tahun karangan, letak halaman jika ada), dengan daftar pustaka yang tertulis di akhir artikel.
  7. Naskah yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan dan template akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses pengeditan.
  8. Artikel yang diterima dan dimuat, dikenakan biaya Rp 150.000,-. Bila menginginkan jurnal dalam bentuk cetak dikenakan biaya setiap persatu jurnal Rp 50.000,- dan ongkos kirim.
  9. Editor berhak mengedit artikel untuk keperluan perbaikan, penyederhanaan bahasa yang rancu, dan layout setting, tanpa mengubah makna tulisan. Namun untuk perbaikan yang sangat mendasar dan beresiko, editor akan mengembalikannya pada penulis untuk diperbaiki dan dikirim kembali.
  10. Naskah harus diserahkan melalui Sistem Submission Online dengan menggunakan Open Journal System (OJS) di web jurnal Indiktika.
  11. Penulis mesti mendaftar terlebih dahulu di bagian Register.
  12. Untuk penulis yang belum dapat mengirimkan naskah melalui OJS, naskah dapat juga dikirimkan melalui email indiktika.pgri@gmail.com.
  13. Aturan penulisan artikel dapat diunduh di web indiktika.
  14. Untuk penerbitan edisi Juni, penerimaan naskah terakhir pada tanggal 1 April. Sedangkan untuk penerbitan edisi Desember, penerimaan naskah terakhir pada tanggal 1 Oktober.
  15. Naskah akan diterbitkan di web jurnal Indiktika.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Pengajuan belum pernah disetujui sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk disetujui (atau penjelasan telah disediakan di Komentar untuk Editor).
  2. Pengiriman file dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks ini memiliki spasi tunggal; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); dan semua gambar, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  5. Teks menentukan persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis , yang ditemukan di Tentang Jurnal.
  6. Jika dikirim ke bagian jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat, ajarkan dalam Memastikan Kajian Buta telah diterima .