Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Komik Materi Peluang di Kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Pemulutan
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11296Keywords:
hasil belajar, peluang, komikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran berupa komik pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19 di kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Pemulutan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kurt Lewin dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan penggunaan komik dalam pembelajaran adalah angket dan tes. Hasil penelitian menggunakan media komik dalam pembelajaran matematika materi peluang di kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Pemulutan adalah mencapai tuntas secara individu dan klasikal.
References
Aziza, R., Widodo, S. A., & Agustito, D. (2019). Efektivitas Think Pair Share dengan Komik Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 261-272.
Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.
Febriyandani, Riskika, & Kowiyah. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 323-330.
Gumilang, M. R., Wahyudi, & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Matematis Merupakan Salah Satu Secara Interaktif Inspiratif, Menyenang-Melakukan Penguasaan Bahan dan Materi. Journal of Medives, 3(2), 185-196.
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28.
KBBI. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/komik.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.
Luawo, M. R., & Nugroho, I. T. (2018). Media Komik untuk Mengembangkan Pemahaman Kemandirian Emosional Siswa Kelas XI SMA Negeri 111 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 121-132.
Masruri, M., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD pada Mata Pelajaran IPA di SD Kyai Hasyim Surabaya. Jurnal Reforma, 8(2), 247-255.
Mu'arif, A. N., Andriansyah, R., Nataliasari, D., & Rahmin. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 67-71.
Nugroho, S., & Shodikin, A. (2018). Keefektifan Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komik (Learning Effectiveness of Student Teams Achievement. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 22-32.
Nuriyanti, R., & Jamaluddin, J. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Daring Berbasis Android dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 94-99.
Pujianingtias, E. N., Saputra, H. J., & Muhajir, M. (2019). Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 257-263.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.
Budi, S. S., Mulyana, E. H., & Respati, R. (2018). Pengembangan Komik Pembelajaran Subtema Bumi Bagian dari Alam Semesta Pembelajaran Satu untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 65-78..
Shukla, T., Dosaya, D., Nirban, V. S., & Vavilala, M. P. (2020). Factors Extraction of Effective Teaching-Learning in Online and Conventional Classrooms. International Journal of Information and Education Technology, 10(6), 422-427.
Sulistyo, R., & Alyani, F. (2021). Analisis Kesulitan Peserta didik dalam Pembelajaran Daring Matematika di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2460-2470.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. D. (2020). Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26.
Wijaya, C., Syahrum, S., & Ananda, R. (2013). Penelitian tindakan kelas: Melejitkan kemampuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru. Citapustaka Media Perintis.
Yulia, E. R., Wahyuni, I., & Maharani, A. (2021). Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3009-3016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zainab Zainab, Eriga Eriga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.