Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar dengan Konteks Wisata Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11391Keywords:
bangun datar, koneksi matematis, wisataAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun datar konteks wisata Palembang. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskiptif kualitatif. Teknik pengumpulan ada yang digunakan adalah tes dengan dua permasalahan berkaitan dengan konteks wisata Palembang yang telah di validasi oleh validator. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas VII di MTs Plus Sai’idiyah Lubuk Batang. Hasil dari tes dianalisis kemunculan indikator kemampuan koneksi matematis. Dari tiga siswa yang diberikan tes, pada kasus pertama salah satu siswa tidak memenuhi indikator ketiga tetapi pada kasus kedua seluruh siswa memenuhi ketiga indikator koneksi matematis.
References
Aini, K. N., Purwanto, & Sadijah, C. (2016). Proses Koneksi Matematik Siswa Berkemampuan Tinggi dan Rendah dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar. Jurnal Pendidikan, 1(3), 377-388.
Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity, 3(1), 125-132.
Depdiknas. (2006). Pedoman Peyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdiknas.
Diana, R. F., Irawan, E. B., & Susiswo. (2017). Proses Koneksi Matematis Siswa Bergaya Kognitif Reflektif Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 52-63.
Jingga, A. A., Mardiyana, & Triyanto. (2018). Pendekatan dan Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 Yang Mendukung Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswaa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 286-299.
Kaur, B. (2012). Reasoning, Communiction, and Connections in Mathematics. SWorld Scientific.
Kusmanto, H., & Marliyana, I. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2), 61-75.
Kusnaeni, & Retnawati, H. (2013). Problem Posing dalam Setting Kooperatif Tipe TAI Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah. Phytagoras : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 33-43.
Latipah, E. D., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dengan Menggunakan Pendekatan CTL dan RME. Jurnal Matematika, 17(1), 1-12.
Maharati, M. A., Friansah, D., & Purwasi, L. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Kelas VII SMP Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 147-156.
Mufidah, U. F., & Machromah, I. U. (2023). Peningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dengan Penerapan Pendekatan RME. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1744-1758.
Ni'mah, A. F., Setiawani, S., & Oktavianingtyas, E. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX A MTs Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Edukasi, 4(1), 30-33.
Nordheimer, S. (2010). Mathematical Connection at School Understanding and Facilitating Connections in Mathematics. History and Epistemology in Mathematics Education (Proceedings of the 6th European Summer University). Vienna: Institut für Diskrete Mathematik und Geometrie.
Nurainah, Maryanasari, R., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kesulitan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 61-68.
Patton, B., & De Los Santos, E. (2012). Analyzing Algebraic Thinking Using “Guess My Number” Problems. International Journal of Instruction, 5(1).
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.
Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan Strategi React Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penyelesaian Masalah, Koneksi Matematis, Self Effecacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262-272.
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Tarsito.
Sapti, M. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran SAVI). Limit-Pendidikan Matematika, (11), 60-69.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58-67.
Sugiman. (2008). Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Phytagoras, 4(1), 56-66.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wulan, E. R., Hada, K. L., Sari, I. K., & Muttaqin, M. Y. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif dan Level Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah HOTS. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 28-44.
Yunianti, R., Oktiana, S. D., Finisa, L., & Sabilla, N. I. (2022). Problematika Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 1-13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dyego Ostian, Zulkardi Zulkardi, Ely Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.