Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Peluang Berdasarkan Prosedur Newman’s Error Analysis (NEA)

Authors

  • Tanzimah Tanzimah Universitas PGRI Palembang
  • Dina Sutrianti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11469

Keywords:

Newman’s Error Analysis, peluang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi peluang berdasarkan prosedur Newman’s Error Analysis (NEA) serta menganalisis penyebab kesalahan dari hasil jawaban siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IX.4 di SMP Negeri 16 Palembang pada tahun pelajaran 2020/2021. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian didapat bahwa persentase kesalahan untuk masing-masing tipe kesalahan yakni: (1) kesalahan membaca soal sebesar 61,90%; (2) kesalahan memahami masalah sebesar 23,80%; (3) kesalahan transformasi sebesar 55,95%; (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 53,57%; (5) kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 67,85%. Beberapa hal yang menyebabkan kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman antara lain tidak mampu memaknai kalimat yang terdapat pada soal dengan tepat, tidak menuliskan inforrmasi yang diketahui dan ditanyakan soal, tidak menguasai langkah penyelesaian soal dengan benar, serta tidak menuliskan kesimpulan jawaban dengan benar.

References

Aisah, N. M., Sumintono, B., & Ismail, Z. (2014). Pemahaman Siswa pada Pokok Bahasan Peluang: Studi Kasus di Satu Sekolah Menengah di Johor Bahru, Malaysia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1), 19-28.

Ariansyah, F., Septiati, E., & Octaria, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Peluang untuk Siswa SMA. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 36-48.

Ayarsha, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. UIN Jakarta.

Budiyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia, 11(1), 1-8.

Chusnul, Rr. C., Mardiyana, & Retno, D. S. (2017). Errors Analysis of Problem Solving Using The Newman Stage After Applying Cooperative Learning of TTW Type. International Conference and Workshop on Mathematical Analysis and its Applications, AIP Conf. Proc. 1913, 020028-1–020028-7.

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71-78.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica, 7(1), 44-54.

Hartini. (2008). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita pada Kompetensi Dasar Menemukan Sifat dan Menghitung Besaran-Besaran Segi Empat Siswa Kelas VII Semester II SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2006 / 2007. Universitas Negeri Semarang.

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newman’s Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal Paradikma, 8(1), 37-51.

Kitri, J. W. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Arias Berbantuan CD Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VII Materi Peluang.Universitas Negeri Semarang.

Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49-61.

Nurkomaria, V., Lusiana, & Zainab. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) pada Materi Peluang. 5(1), 45-53.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 173-185.

Rupalestari, D., Hartono, Y., & Hapizah, H. (2018). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Melalui Model Connected Mathematics Project Di Kelas VIII. Jurnal Gantang, 3(2), 63-71.

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 264-271.

Suryana, S., Rosmaya, E., Sudarsono, N., & Sundawan, M. D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 152-161.

Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding pada Materi Aritmatika Sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13-24.

Zaidy, F., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 297-303. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Downloads

Published

2023-06-30