Meta Analisis: Pengaruh Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11502Keywords:
meta analisis, RME, pemecahan masalahAbstract
Pemahaman matematika kerap dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah kehidupan nyata, yang mana pembelajaran dengan fokus matematika dalam kehidupan nyata tersebut dapat ditemukan pada pembelajaran Realistis Mathematics Eduation (RME). Penelitian ini merupakan penelitian Meta analisis dengan tujuan untuk mengkaji pengaruh dari penerapan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diperoleh dari beberapa studi primer yang telah ada. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan penelusuran artikel pada database Google Scholar dan SINTA yang terpublikasi indeks SINTA atau prosiding nasional. Sampel penelitian yang digunakan adalah 13 studi primer yang telah diseleksi sesuai dengan kriteria inklusi yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa effect size sebesar 0,959 berada dalam klasifikasi efek yang tinggi, dan berdasarkan karakteristik studi ukuran sampel tidak terdapat perbedaan pengaruh penerapan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
References
Artika, R. V., Sudrajat, R., & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Kertas Lipat Terhadap Penanaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 471-48.
Febriani, W. D., & Sidik, G. S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education dan Direct Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SD. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 152-161.
Ja’far, M., Sunardi, S., & Kristiana, A. I. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Karakter Konsisten dan Teliti Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Bab Kesebangunan dan Kekongruenan Bangun Datar Kelas IX SMP. Jurnal Edukasi, 29-35.
Juandi, D., & Tamur, M. (2020). Pengantar Analisis Meta. UPI Press.
Mulyati, A. (2017). Pengaruh Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia I Padang. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 90-97.
Nopriyanti, T. D., & Erlina, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK PGRI 2 Palembang. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 687-695. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Noviyana, H., & Fitriani, D. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 386-392. Lampung: UIN Raden Intan Lampung
Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094-1103.
Putri, N. S. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran RME dan CTL Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa: Review Sistematik dan Meta Analisis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Putri, N. S., Juandi, D., & Jupri, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa: Studi Meta analisis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 771-785.
Qurohman, M. T. (2017). Analisis Perangkat Pembelajaran Group Investigation Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kalkulus. Prosiding 2nd Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT), 2(1),156-161.Tegal: Politeknik Harapan Bersama Tegal.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.
Rahmawati, A. (2023). Meta Analisis: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solvng (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ramadhani, R., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2021). A Meta-Analysis on The Effect of Inquiry Learning Model on Students’ Mathematical Problem-Solving Skills. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 4(3), 302-312.
Rini, E. S., & Hidayati, K. (2021). Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Pembelajaran RME. AL THIFL, 1(1), 25-32.
Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116-123.
Saprizal, S. (2019). Pemanfaatan Media Audio Visual Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa MTsS Raudhatun Najah Langsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 2(2), 41-49.
Sarbiyono, S. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 163-173.
Sari, S. M. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Strategi Peta Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa PGMI IAIN Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 53-59.
Siregar, V. N., & Effendi, K. N. S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Prosiding Sesiomadika, 1(1a), 245-257. Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang
Siswanto, R. D. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 96-103.
Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115-122.
Yudha, O. A., Rosmaiyadi, R., & Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Model MEA dengan Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Perbandingan Kelas VII. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 46-54.
Zulyadaini. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 7(1), 83-93.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asyifa Rahmawati, Awan Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.