Analisis Pengembangan Butir Soal Perbandingan Bertingkat untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11592Keywords:
perbandingan bertingkat, pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan butir soal perbandingan bertingkat sebagai alternatif instrumen evaluasi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan tes dan mengumpulkan hasil tes soal pemecahan masalah materi perbandingan bertingkat yang dikerjan oleh mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sriwijaya semester 4 kelas Palembang, yang berjumlah 37 orang mahasiswa dengan menggunakan 10 butir soal pilihan ganda dan 3 butir soal uraian yang dilakukan selama sepekan secara daring. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kualitas butir soal dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal pada materi perbandingan bertingkat masih membutuhkan penyempurnaan, terutama dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Selain itu, Hasilnya menunjukkan bahwa teknik validasi kualitatif yang digunakan dalam pengembangan soal efektif dalam meningkatkan kualitas butir soal dan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diberikan soal yang sudah direvisi. Oleh karena itu, disarankan adanya pengembangan butir soal pada materi perbandingan bertingkat yang lebih cocok dengan kemampuan siswa dan mengacu pada aspek kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru maupun peneliti untuk meningkatkan pembelajaran matematika di SMP.
References
Angriani, A. D., Nursalam, N., Fuadah, N., & Baharuddin, B. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 211-223.
Ayu, E., Ningsih, S., Ariani, N. M., & Syofiana, M. (2020). Pengembangan Soal Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 136-145.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562-569. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi.
Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Matematika Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57-66.
Kosasih, A. E. (2017). Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing pada Materi Pokok Perbandingan Bertingkat Kelas IX-E Semester Gasal Mts Negeri 1 Subang Tahun Pelajaran 2017/2018. Inspirator Guru: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 1-12.
Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04. Nusantara, 3(2), 150-165.
Medyasari, L. T., Zaenuri, & Dewi, N. R. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Negeri 5 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 464-470.
Munawan, A., & Martubi, M. (2018). Pengembangan Butir Soal Sebagai Upaya Pengadaan Bank Soal Kompetensi Alat-Alat Ukur. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 22(1), 22-30.
Pardimin, P., Widodo, S. A., & Purwaningsih, I. E. (2017). Analisis Butir Soal Tes Pemecahan Masalah Matematika. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1), 69-76.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 175-187.
Sopiah, A., Sidauruk, S., & Asi, N. B. (2019). Kualitas Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Buatan Guru Mata Pelajaran Kimia Kelas X IPA SMA Negeri di Kabupaten Seruyan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(2), 110-126.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148-158
Suseryawati, M. M. E., & Kintoko. (2022). Pengembangan Butir Soal Kemampuan Literasi Numerasi Matematika Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP di Yogyakarta. Indonesian Journal of Education and Humanity, 2(2), 52-61.
Wibowo, T. E., & Faizah, S. (2021). Pengembangan Soal Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bentuk Aljabar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 145-158.
Zamzania, W. H., & Aristia, R. (2018). Jenis-Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yusri Irawan, Raissa Sa'adah, Amriyatu Thoyibah3, Maya Sari, Muslimah Muslimah, Siti A’isyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.