Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11619

Keywords:

berpikir kritis, PjBL, STEM

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Metode dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bogorejo. Penerapan strategi purposive sampling diperoleh kelas eksperimen VIII.C dan kelas kontrol VIII.A. Post-tes dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Uji t sampel independen (dua arah dan satu arah) dan uji regresi linier sederhana digunakan untuk analisis data. Temuan penelitian menunjukkan 1) keterampilan berpikir kritis siswa di kelas PjBL-STEM dan kelas PjBL berbeda, 2) keterampilan berpikir kritis siswa PjBL-STEM lebih unggul dari siswa PjBL, 3) berdasarkan persamaan regresi Ŷ = 6,996 + 0,841X, pengaruh pembelajaran PjBL-STEM memberikan dampak sebesar 75,5% terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Berpikir kritis (Y) meningkat sebesar 0,841 untuk setiap satuan model pembelajaran PjBL-STEM (X). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM efektif dalam membantu siswa meningkatkan keterampilan berpikir kritisnya.

References

Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto, T. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 73-78.

Aini, M., Ridianingsih, D. S., & Yunitasari, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247-253.

Diana, H. A., & Saputri, D. V. (2021). Model Project Based Learning Terintegrasi Steam Terhadap Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Numeracy, 8(2), 113-127.

Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344-354.

Ennis, R. H. (2015). The Nature of Critical Thinking: Outlines of General Critical Thinking Disposition and Abilities. Sixth International Conference on Thinking at MIT, 2013, 1-8.

Fitria, Y. (2020). Optimalisasi Karakter Peserta Didik di Era Digital Melalui Pembelajaran Sains Berorientasi Pendekatan STEM. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1-11. Pekanbaru: Universitas Riau.

Handayani, R., Kashardi, & Destania, Y. (2021). Soal Essay Materi Aritmatika Sosial Untuk Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 92-102.

Kristihana, O., & Ratu, N. (2018). Deskripsi Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar Pada Siswa SMP Kelas VIII. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 150-161.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.

Nasrum, A. (2018). Uji Normalitas Data untuk Penelitian. Jayapangus Press Book.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.

Octafiana, M., Misdalina, M., & Fitriasari, P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII pada Materi Segitiga. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 110-118.

OECD. (2016). Results from PISA 2015: Indonesia. OECD Publishing, 1-8. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf.

Rasiman, R., & Pramasdyahsari, A. S. (2014). Development of Mathematics Learning Media E-Comic Based on Flip Book Maker to Increase The Critical Thinking Skill and Character of Junior High School Students. International Journal of Education and Research, 2(11), 535-544.

Pratama, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Model PJBL dengan Pendekatan STEM dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Universtias Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Priatna, N., & Lorenzia, S. A. (2018). Project-Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Prosiding SNIPS 2018, 406-408. Bandung: ITB.

Priatna, N., Lorenzia, S. A., & Muchlis, E. E. (2020). Pedesaan Pengembangan Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 347-359.

Rosyidah, N. D., Kusairi, S., & Taufiq, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model STEM PjBL disertai Penilaian Otentik pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1422-1427.

Sari, M. (2017). Peta Digital : Inovasi Pembelajaran Produktif Abad 21 dengan Smartphone dalam Pembelajaran Sejarah. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pemanfaatan Smartphone untuk Literasi Produktif Menjadi Guru Hebat dengan Smartphone, 197-205. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Setyawati, R. D., Pramasdyahsari, A. S., Astutik, I. D., & Nusuki, U. (2022). Improving Mathematical Critical Thinking Skill through STEM-PjBL : A Systematic Literature Review. 4(2), 1-17.

Pramasdyahsari, A. S., Setyawati, R. D., Salmah, U., Zuliah, N., Arum, J. P., Astutik, I. D., ... & Amin, R. (2022). Developing a Test of Mathematical Literacy Based on STEM-PjBL using ADDIE Model. KnE Social Sciences, 382-391.

Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105-111.

Utari, L., Destiniar, D., & Syahbana, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jucama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 35-47.

Downloads

Published

2023-06-30