Pemanfaatan E-learning Moodle Sebagai Laboratorium Matematika Virtual di Universitas PGRI Palembang

Authors

  • Asnurul Isroqmi Universitas PGRI Palembang
  • Rohana Rohana Universitas PGRI Palembang
  • Ety Septiati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11653

Keywords:

e-learning, Moodle, laboratorium virtual

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah urgensi pengembangan laboratorium matematika virtual sebagai media pembelajaran yang menjadi kebutuhan dalam proses belajar mengajar dengan memanfaatkan software Learning Management Systems (LMS) Moodle yang telah tersedia di Universitas PGRI Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature dan angket. Hasil penelitian ini adalah laboratorium virtual menjadi suatu yang perlu dipertimbangkan bagi perguruan tinggi agar dapat disiapkan menjadi pembelajaran bagi mahasiswa, terutama untuk beberapa mata kuliah yang tidak membutuhkan alat peraga atau bahan untuk kegiatan praktik namun memerlukan serangkaian uji coba, tes, eksperimen, observasi dan semacamnya. Dengan keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi e-learning LMS Moddle dapat dimanfaatkan untuk membuat laboratorium matematika virtual.

References

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1-12.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2021). Media Pembelajaran MI/SD. Graha Edu.

Bunt, G. R. (2008). Virtually Islamic: Computer-mediated Communication and Cyber Islamic Environments. University of Wales Press.

Chin, G., Myers, J., & Hoyt, D. (2002). Social Networks in The Virtual Science Laboratory. Communications of the ACM, 8(45).

Decaprio, R. (2013). Tips Mengelola Lab Sekolah. Diva Press.

Ellis, R. K. (2010). Field Guide to Learning Management Systems. ASTD Learning Circuits.

Emha, S. H. (2002). Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah. Remaja Rosdakarya.

Ferreira, J. M. M., Sousa, E. L., Nafalski, A., Machotka, J., & Nedic, Z. (2009). Collaborative Learning Based on a Micro-Webserver Remote Test Controller. International Journal of Online and Biomedical Engineering (IJOE), 5(5), 1-7.

Gautreau, C. (2011). Motivational Factors Affecting The Integration of a Learning Management System by Faculty. Journal of Educators Online, 8(1), 1-23.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66-79.

Jannah, M., & Nurdiyanti, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online dengan Bantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia Kelas XI SMA Buq'atun Mubarakah Makassar. Jurnal Pembelajaran Riset dan Inovasi , 1(1), 75-84.

Kartikasari, S. N. (2019). Peran Laboratorium Sebagai Pusat Riset untuk Meningkatkan Mutu dari Lembaga Pendidikan pada Jurusan THP_FTP_UNEJ. Jurnal Temapela, 2(1), 17-27.

Kholifa, I., & Suswanti, S. (2019, May). Pengembangan Laboratorium Matematika Virtual dengan Software Appy Pie untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Adaptive E-learning. In Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi, 1(1), 162-172.

Koesmaji, W. (2004). Teknik Laboratorium. Pendidikan Biologi MIPA UPI.

Muhajarah, K., & Sulthon, M. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77-83.

Mustaji. (2009). Perspektif Teknologi Pembelajaran. disajikan dalam Workshop Penyusunan Panduan Penggunaan Laboratorium. Universitas Negeri Surabaya.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.

Nuryani, R. (2004). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Universitas Negeri Malang.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2021). Mengenal Lebih Dekat Plugin Interactive Content H5P. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/164/mengenal-lebih-dekat-plugin-interactive-content-h5p-bag1-

Putra, I. K. G. D., & Darma, K. G. (2009). Pembelajaran Berbasis ICT. Baliprov.

Ramadhani, P., Farma, S. A., Fuadiyah, S., & Yogica, R. (2021). Laboratorium Virtual sebagai Langkah Memaksimalkan Skill Keterampilan Siswa. Prosiding SEMNAS BIO 2021, 791-798. Padang: Universitas Negeri Padang.

Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.

Riyadi, A. (2019). Pengembangan Laboratorium Dakwah: Studi Kasus UIN Walisongo Semarang. Jurnal Komunikasi Islam, 9(2), 128-153.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu

Downloads

Published

2023-07-04