Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri dalam Kearifan Lokal Suku Sasak
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11740Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi geometri di sekolah dasar terjadi karena pembelajaran kurang relevan dengan kehidupan siswa, sehingga diperlukan pendekatan yang mampu membuat pembelajaran menjadi lebih dekat dengan siswa yani melalui pembelajaran berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan unsur-unsur geometri dalam kearifan lokal suku Sasak sebagai bahan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan studi literatur sebagai pendekatan penelitian untuk mengeksplorasi muatan etnomatematika berupa konsep-konsep geometri dalam kearifan lokal suku sasak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa terdapat muatan konsep geometri berupa geometri bangu datar dan geometri bangu ruang seperti konsep bangun datar lingkaran, persegi, persegi panjang dan segitiga juga muatan geomeri ruang seperti bangun ruang kubus, balok, limas segitiga, prisma segitiga, kerucut dan tabung. Muatan geometri ini ditemukan produk-produk kearifan lokal seperti kerajinan batu perkasa tradisional yakni cerken dan besek, banguna tradisional sperti masjid kuno Bayan dan rumah adat limbungan, kemudian pada kuliner tradisional yakni cerorot, iwel dan timbung juga pada kesenian tradisional yakni alat musik atau instrumen dalam kesenian gendang beleq. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi rujukan dalam melaksanakan pembelajaran berbasis etnomatematika di sekolah dasar.
References
Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in Perspective of Sundanese Culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1-16.
Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). Tradisi Perkawinan Merariq Suku Sasak di Lombok: Studi Kasus Integrasi Agama dengan Budaya Masyarakat Tradisional, 87(1,2), 149-200.
Alditia, L. M., Witono, H., Nurmawanti, I. (2023). Pengembangan Modul Etnomatematika Kearifan Lokal Suku Sasak Materi Volume Bangun Ruang Kelas V. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 216-234.
Amaliyah, A., Uyun, N., Deka Fitri, R., & Rahmawati, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659-654.
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611-1622.
Erva, R. A. L., Rosianawati, A., Pardimin, P., Nisa, A. F., & Irfan, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 491-499.
Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114-119.
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Sobri, M., & Widodo, A. (2020). Etnomatematika : Eksplorasi Budaya Sasak Sebagai Sumber Belajar Matematika Sekolah Dasar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(1), 1-13.
Fitriza, R., Afriyani, D., Turmudi, M., & Juandi, D. (2018). The Exploration of Ethno-Mathematics Embedded on Traditional Architecture of Rumah Gadang Minangkabau. Proceedings of the University of Muhammadiyah Malang's 1st International Conference of Mathematics Education (INCOMED 2017), 270-276. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Haji, S., Yumiati, Y., & Zamzaili, Z. (2022). Basic Concepts and Values of Mathematics in Bengkulu Traditional Musical Instruments as Media and Resources for Learning Mathematics. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(4), 1096-1111.
Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2), 40-48.
Hidayati, H., & Karim, S. A. (2022). Menyoal Simbol dan Narasi Keislaman Pembayun dalam Praktik Adat “Sorong Serah Aji Krame” di Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2518–2530.
Kholida, S. N. (2018). Pengaruh Penambahan Asap Cair Terhadap Daya Simpan Jajan Ttadisional Timbung. Universitas Mataram.
Komalasari, F. D., Hamdani, Umar, H., Suryani, I., Juliana, Juliani, Nursaptini, & Tahir, M. (2020). Nilai Kearifan Lokal dalam Rumah Adat Limbungan Suku Sasak. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 22(2), 158–164.
Moeloeng, J. (2013). Metologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.
Mulyadi, L., & Nugroho, A. M. (2004). Fenomena Masjid Kuno Bayan Lombok Nusa Tenggara Barat. Prosiding Aplikasi Arsitektur Islam dan Binaan, 1-10. Malang: Institut Teknologi Nasional.
Novitasari, D., Sridana, N., & Tyaningsih, R. Y. (2022). Eksplorasi Etnomatematika dalam Alat Musik Gendang Beleq Suku Sasak. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 16–27.
Sumardi, N. K. (2018). Evolusi Gendang Beleq Lombok. Gondang: Jurnal Seni dan Budaya, 1(2), 63-69.
Sumayani, S., Zaenuri, Z., & Junaedi, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Budaya Suku Sasak Kajian Makanan Tradisional. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 521-526.
Supriadi, S., Arisetyawan, A., & Tiurlina, T. (2016). Mengintegrasikan Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Banten pada Pendirian SD Laboratorium UPI Kampus Serang. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 1-18.
Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika kearifan lokal budaya Sasak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397-413.
Uskono, I. V., Lakapu, M., Jagom, Y. O., Dosinaeng, W. B. N., & Bria, K. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika dan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Honai Math, 3(2), 145-156.
Utami, N. W., Sayuti, S. A., & Jailani. (2019). Math and Mate in Javanese Primbon: Ethnomathematics study. Journal on Mathematics Education, 10(3), 341-356.
Wahyudin, D. (2018). Identitas Orang Sasak: Studi epistemologis terhadap mekanisme produksi pengetahuan masyarakat suku Sasak. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 52-63.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 muhammad alditia lalu, Iva Nurmawanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.