Hypothetical Learning Trajectory Penalaran Matematis pada Materi Statistika SMP

Authors

  • Risnanosanti Risnanosanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Anjas Agus Prasetyo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mardiah Syofiana Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11743

Keywords:

HLT, penalaran matematis

Abstract

Dibutuhkan lebih dari sekedar memberi tugas dan pekerjaan rumah untuk mengajar matematika. Hipotesis lintasan belajar atau disebut dengan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ternyata penting untuk mengantisipasi hambatan yang dihadapi siswa dalam kegiatan pembelajaran karena lintasan belajar yang dilalui setiap siswa akan memprediksi yang akan dilakukan oleh siswa serta penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan hipotesis lintasan belajar pada materi statistika. Penelitian ini melibatkan siswa SMPN 11 Kota Bengkulu dan setiap tahapan penelitian siswa akan berbeda. Pengumpulan data diperoleh dari Lembar Kerja Siswa (LKS), wawancara, observasi, serta pendapat para ahli. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk menyusun HLT. Hipotesis  lintasan belajar diimplementasikan di SMPN 11 Kota Bengkulu. Hasil implementasi menunjukkan bahwa hipotesis lintasan belajar yang dibuat sesuai dengan prediksi peneliti dan dapat meminimalisir learning obstacle yang dialami siswa dan dapat mengoptimalkan kemampuan penalaran matematis siswa.

References

Afif, A. M. S. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL). Universitas Negeri Semarang.

Anshori, M., & T, A. Y. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Pontianak. Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8), 1-8.

Arif Abdul Haqq, Mutiara Sari, S. W. (2022). Pengembangan Situasi Didaktis Berdasarkan Hambatan Belajar pada Materi Statistika SMP. 7(1), 136–149.

Budiarti, E., Ariani, N. M., & Asmara, A. (2022). Bangun Ruang Sisi Datar Berkonteks Bengkulu. 9(3), 165-175.

Dina, A. M. (2021). Desain Mathematical Closed Task dan Open Task yang Mendorong Munculnya Penalaran Imitatif dan Kreatif Berdasarkan Tahapan Gravemeijer dan Cobb. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 26(2), 173-180.

Farman, F., & Yusryanto, Y. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Problem Posing dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Konsep Lingkaran pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 20-27.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588-595.

Marlina, M., & Sugiatno, S. (2019). Hambatan belajar siswa dikaji dari kemampuan literasi statistik di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1-9.

Mediyani, D., & Mahtuum, Z. Ar. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 385-392.

Risnanosanti. (2008). Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Pythagoras, 4(1), 86-98.

Safitri, A. M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 759-764.

Sari, I. P., & Nurjaman, A. (2019). Pengembangan Local Instruction Theory Pada Materi Segitiga dan Segiempat Terhadap Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 95-100.

Syofiana, M., Hasdelyati, H., & Risnanosanti, R. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Kegiatan Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1867-1876.

Tukaryanto, Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 810-813.

Wardani, M. K., & Khotimah, R. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Open Ended (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP N 2 Gatak). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2023-07-02