Hypothetical Learning Trajectory Penalaran Matematis pada Materi Statistika SMP
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11743Keywords:
HLT, penalaran matematisAbstract
Dibutuhkan lebih dari sekedar memberi tugas dan pekerjaan rumah untuk mengajar matematika. Hipotesis lintasan belajar atau disebut dengan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ternyata penting untuk mengantisipasi hambatan yang dihadapi siswa dalam kegiatan pembelajaran karena lintasan belajar yang dilalui setiap siswa akan memprediksi yang akan dilakukan oleh siswa serta penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan hipotesis lintasan belajar pada materi statistika. Penelitian ini melibatkan siswa SMPN 11 Kota Bengkulu dan setiap tahapan penelitian siswa akan berbeda. Pengumpulan data diperoleh dari Lembar Kerja Siswa (LKS), wawancara, observasi, serta pendapat para ahli. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk menyusun HLT. Hipotesis lintasan belajar diimplementasikan di SMPN 11 Kota Bengkulu. Hasil implementasi menunjukkan bahwa hipotesis lintasan belajar yang dibuat sesuai dengan prediksi peneliti dan dapat meminimalisir learning obstacle yang dialami siswa dan dapat mengoptimalkan kemampuan penalaran matematis siswa.
References
Afif, A. M. S. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL). Universitas Negeri Semarang.
Anshori, M., & T, A. Y. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Pontianak. Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8), 1-8.
Arif Abdul Haqq, Mutiara Sari, S. W. (2022). Pengembangan Situasi Didaktis Berdasarkan Hambatan Belajar pada Materi Statistika SMP. 7(1), 136–149.
Budiarti, E., Ariani, N. M., & Asmara, A. (2022). Bangun Ruang Sisi Datar Berkonteks Bengkulu. 9(3), 165-175.
Dina, A. M. (2021). Desain Mathematical Closed Task dan Open Task yang Mendorong Munculnya Penalaran Imitatif dan Kreatif Berdasarkan Tahapan Gravemeijer dan Cobb. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 26(2), 173-180.
Farman, F., & Yusryanto, Y. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Problem Posing dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Konsep Lingkaran pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 20-27.
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588-595.
Marlina, M., & Sugiatno, S. (2019). Hambatan belajar siswa dikaji dari kemampuan literasi statistik di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1-9.
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. Ar. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 385-392.
Risnanosanti. (2008). Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Pythagoras, 4(1), 86-98.
Safitri, A. M., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 759-764.
Sari, I. P., & Nurjaman, A. (2019). Pengembangan Local Instruction Theory Pada Materi Segitiga dan Segiempat Terhadap Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 95-100.
Syofiana, M., Hasdelyati, H., & Risnanosanti, R. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Kegiatan Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1867-1876.
Tukaryanto, Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 810-813.
Wardani, M. K., & Khotimah, R. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Open Ended (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP N 2 Gatak). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Risnanosanti Risnanosanti, Anjas Agus Prasetyo, Mardiah Syofiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.