Penalaran Matematis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Independent
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.11831Keywords:
Penalaran matematis, Pemecahan Masalah, field dependent, field independentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari Gaya kognitif Field dependent dan independent. Sampel penelitian ini diambil 6 siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Mojo Kediri. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus, pengumpulan data dengan tes, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan dari penelitian peneliti menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan, penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif Field dependent dalam pemecahan masalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Mojo Kediri, yaitu subjek mampu memenuhi indikator penalaran matematis dalam pemecahan masalah, kecuali pada tahap mengevaluasi penyelesaian (reflecting) dalam melakukan pengecekan kembali (checking). Penalaran matematis siswa dengan Gaya kognitif Field independent dalam pemecahan masalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Mojo Kediri, subjek mampu mampu memenuhi semua indikator penalaran matematis dalam pemecahan masalah, dalam penelitian.
References
Amalia, F., Wildani, J., & Rifa’i, M. (2020). Literasi Statistik Siswa berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 1-6.
Amir, M. Z. Z., Urrohmah, A., & Andriani, L. (2021). The Effect of Application of Realistic Mathematics Education (RME) Approach to Mathematical Reasoning Ability Based on Mathematics Self Efficacy of Junior High School Students in Pekanbaru. Journal of Physics: Conference Series, 1776(1), 12039.
Arifin, S., & Asdar, A. R. (2015). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Efikasi Diri pada Siswa Kelas VIII Unggulan SMPN 1 Watampone. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 20-29.
Erviana, T. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 61-73.
Mandasari, N. (2021). Problem-based Learning Model to Improve Mathematical Reasoning Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1), 12041.
Minarni, A. (2010). Peran Penalaran Matematik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 478-484. Yogyakarta: UNY.
Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis gaya kognitif field dependent dan field independent terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 5, 71-76. Jakarta: UNJ
Nuridawani, N., Munzir, S., & Saiman, S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 59-71.
Ramadhany, N. (2021). Analysis of Students’ Mathematical Reasoning Abilities During the COVID-19 Pandemic. International Conference on Educational Studies in Mathematics (ICoESM 2021), 338-342.
Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 14-29.
Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2021). Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Ditinjau dari Habits of Minds. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 72-84.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jica.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa, 4(1), 1-10.
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Deepublish.
Vendiagrys, L., & Junaedi, I. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 34-41.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ringga Fatma Hardyani, Muniri Muniri, Sutopo Sutopo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.