Pengembangan Angket Kecemasan Matematis pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.12235Keywords:
kecemasan matematis, somatic, cognitiveAbstract
Kecemasan matematis ialah suatu kondisi emosional yang ditandai dengan rasa tidak nyaman, panik, dan gangguan konsentrasi dengan perasaan tidak menentu yang disebabkan adanya kesulitan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan angket kecemasan matematis peserta didik yang praktis dan valid. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yakni : Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respon peserta didik. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas oleh pakar dengan hasil skor rata-rata 88,33% dalam kategori sangat valid, dan hasil uji kepraktisan menunjukkan skor rata-rata 84,44% dalam kategori sangat praktis. Oleh karena itu, angket kecemasan ini dapat digunakan lebih lanjut untuk mengukur tingkat kecemasan matematis peserta didik.
References
Ariansyah, F., Septiati, E., & Octaria, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Peluang untuk Siswa SMA. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 36-48.
Astuti, J., & Caswita, C. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Berdasarkan Kecemasan Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(2), 95-107.
Hakim, L. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 198-207.
Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 809-816.
Hasbullah, H., & Sajiman, S. U. (2021). Persepsi Siswa atas Pembelajaran Matematika di Era New Normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 238-244.
Hidayat, A., Fattah, H., & Kusumawati, N. I. (2021). Studi Eksperimen Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pola Bilangan. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 180-188.
Jolejole-Caube, C., Dumlao, A. B., & Abocejo, F. T. (2019). Anxiety Towards Mathematics and Mathematics Performance of Grade 7 Learners. European Journal of Education Studies, 6(1), 344-360.
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75-83.
Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2018). Analisis Tingkat Kecemasan (Anxiety) dalam Menghadapi Pertandingan Atlet Sepak Bola Kabupaten Banyuasin pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28-35.
Kusmaryono, I., & Ulia, N. (2020). Interaksi Gaya Mengajar dan Konten Matematika sebagai Faktor Penentu Kecemasan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 143-154.
Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), 1(2), 29-35.
Namkung, J. M., Peng, P., & Lin, X. (2019). The Relation Between Mathematics Anxiety and Mathematics Performance among School-aged Students: A meta-analysis. Review of Educational Research, 89(3), 459-496.
Nasution, S. P. (2019). Analisis Kesulitan Belajar dalam Memahami Kecemasan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 49-57.
Rahmah, D. A., & Abadi, A. P. (2019). Kesulitan Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1d), 954-949.
Rawa, N. R., & Yasa, P. A. E. M. (2018). Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 36-45.
Riduwan. (2020). Dasar-dasar Statistika. Alfabeta.
Sa’adah, N. (2020). Analisis Validasi Pengembangan Angket Minat Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Matematika. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 624-627.
Shishigu, A. (2018). Mathematics Anxiety and Prevention Strategy: An attempt to support students and strengthen mathematics education. Mathematics Education Trends and Research, 1(1), 1-11.
Wahyudy, M. A., Putri, H. E., & Muqodas, I. (2019). Penerapan Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dalam Menurunkan Kecemasan Matematis Siswa Sekolah Dasar. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 228-238.
Wardani, N. (2022). The Effect of Mathematics Anxiety on Students’ Learning Outcomes in Class X High School. Journal Neolectura, 3(2), 155-161.
Widoyoko, E. P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Destiana Fitrianti Desti, Tika Dwi Nopriyanti, Ety Septiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.