Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Statistika
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.12485Keywords:
problem based learning, berpikir kreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi statistika kelas XI SMK Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 23 Mei 2023 sampai dengan 3 Juni 2023. Subjek penelitian ini adalah kelas XI AKL 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang, dan kelas XI AKL 3 yang diajarkan menggunakan kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah peserta didik sebanyak 31 orang. Bentuk desain metode eksperimen yang digunakan yaitu Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay tertulis yang mengacu pada indicator kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan melibatkan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data kemampuan berpikir kreatif peserta didik berdistribusi normal, memiliki varians yang homogen. Lalu hasil uji hipotesis dengan statistik uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara dua kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi statistika kelas XI SMK Negeri 1 Palembang.
References
Al Adawiah, S. R., Rumbiyah, S. R., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VII pada Materi Segitiga dan Segiempat. Journal On Education, 1(3), 460–470.
Alfafah, A. N., Aniswita, A., & Firmanti, P. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. C di SMP Negeri 1 Bukittinggi. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 257–264.
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303.
Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66–76.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355.
Hasanah, M., & Haerudin, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Statistika. Maju, 8(1), 501896.
Leokoy, P. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 64–74.
Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49–61.
Nasution, P. R. (2017). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan. Jurnal Paidagogeo, 2(1), 46–62.
Nur, I. R. D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(1).
Nurbaya, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SDN 19 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 106–113.
Nurkomaria, V., Lusiana, L., & Zainab, Z. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 45–53.
Rukhmana, T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII. EDU RESEARCH, 3(2), 19–27.
Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prisma, 6(1), 1–8.
Silvi, F., Witarsa, R., & Ananda, R. (2020). Kajian Literatur tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3360–3368.
Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Akar Pangkat Persamaan Kompleks Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2).
Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Ar-Ruzz Media.
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129.
Zulfikri, Z. (2017). Pengaruh Mata Kuliah Statistik Terhadap Kemampuan Analisa Data Kuantitatif Mahasiswa Prodi S-1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2011-2012 Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. LIBRIA, 8(1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitroh Puji Astuti, Destiniar Destiniar, Yunika Lestaria Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.