E-Modul Berbantuan Aplikasi GeoGebra untuk Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP

Authors

  • Selvi Riwayati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Lili Rahmawati Lili Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ristontowi Ristontowi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nyayu Masyita Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.12869

Keywords:

Transformasi Geometri, e-modul, GeoGebra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul materi Transformasi Geometri yang valid dan praktis untuk mendukung kemampuan representasi matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Rejang Lebong kelas IX pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan 5 (lima) langkah sistematis. Tahapan tersebut meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul elektronik tersebut valid, berdasarkan penilaian 3 validator. Berdasarkan hasil analisis dan angket tanggapan siswa terhadap uji kepraktisan, diketahui bahwa modul elektronik yang dikembangkan telah mencapai nilai rata-rata kepraktisan sebesar 3,34 dengan sangat praktis.

References

Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.

Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 25-30.

Asmara, A. (2014). Mathematical Representation Ability and Self Confidence Students Through Realistic Mathematics Approach. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education 1st ISIM-MED. Yogyakarta: UNY.

Cahyaningrum, I. Y., Fuady, A., & Faradiba, S. S. (2023). Karakterisasi Representasi Matematis Visual dan Simbolik Siswa Kelas IX pada Materi Transformasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2646-2659.

Goldin, G. A. (2020). Mathematical representations. Encyclopedia of Mathematics Education, 566-572.

Hamzah, H. M. A. (2019). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 47-59.

Hohenwarter, J., Hohenwarter, M., & Lavicza, Z. (2009). Introducing Dynamic Mathematics Software to Secondary School Teachers: The case of GeoGebra. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 28(2), 135-146.

Jehan, A., Octaria, D., & Syahbana, A. (2021). Pengembangan E-modul pada Materi Lingkaran Berbasis CTL Berbantuan GeoGebra. Indonesian GeoGebra Journal, 1(2), 60-67.

Judith, H., & Markus, H. (2008). Introduction to GeoGebra. https://www.geogebra.org/.

Komara, K., Supratman, S., & Lestari, P. (2023). Pengembangan Digibook Transformasi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Mengoptimalkan Kemampuan Representasi Gambar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1451-1468.

Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi transformasi geometri. Jurnal Gammath, 5(1), 16-25.

Pramana, B. W. A., Suwito, S. A., Lestari, N. D. S., & Murtikusuma, R. P. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Geogebra pada Materi Transformasi Geometri SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1-14.

Priyanthi, K. A., Agustini, K., Si, M., Santyadiputra, G. S., & St, M. C. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 40-49.

Ramadianti, W., Syofiana, M., & Mahyudi, M. (2018). Pengembangan Soal Matematika Open-Ended Berkonteks Bumi Rafflesia. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 8-16.

Rodiawati, L. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(2), 67-80.

Sundawan, M. D. (2018). Kajian Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Kemampuan Pembuktian Matematis Ditinjau dari Aspek Epistemologi pada Mata Kuliah Geometri Transformasi. Inspiramatika, 4(1), 13-26.

Surgandini, A., Sampoerno, P. D., & Noornia, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI Berbantuan Geogebra untuk Membangun Pemahaman Konsep Transformasi Geometri. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 85-102.

Tamba, W. M. M., Sembiring, R. K., & Simanjuntak, S. D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Level Teori Belajar Van Hiele pada Materi Segiempat. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 15-24.

Wahyuni, G., Destini, R., & Mujib, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Visual Siswa. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 5(2), 39-52.

Zubainur, C. M., & Bambang, R. M. (2020). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Syiah Kuala University Press.

Downloads

Published

2023-12-31