E-Modul Berbantuan Aplikasi GeoGebra untuk Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.12869Keywords:
Transformasi Geometri, e-modul, GeoGebraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul materi Transformasi Geometri yang valid dan praktis untuk mendukung kemampuan representasi matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Rejang Lebong kelas IX pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan 5 (lima) langkah sistematis. Tahapan tersebut meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul elektronik tersebut valid, berdasarkan penilaian 3 validator. Berdasarkan hasil analisis dan angket tanggapan siswa terhadap uji kepraktisan, diketahui bahwa modul elektronik yang dikembangkan telah mencapai nilai rata-rata kepraktisan sebesar 3,34 dengan sangat praktis.
References
Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.
Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 25-30.
Asmara, A. (2014). Mathematical Representation Ability and Self Confidence Students Through Realistic Mathematics Approach. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education 1st ISIM-MED. Yogyakarta: UNY.
Cahyaningrum, I. Y., Fuady, A., & Faradiba, S. S. (2023). Karakterisasi Representasi Matematis Visual dan Simbolik Siswa Kelas IX pada Materi Transformasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2646-2659.
Goldin, G. A. (2020). Mathematical representations. Encyclopedia of Mathematics Education, 566-572.
Hamzah, H. M. A. (2019). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Handayani, I. M., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 47-59.
Hohenwarter, J., Hohenwarter, M., & Lavicza, Z. (2009). Introducing Dynamic Mathematics Software to Secondary School Teachers: The case of GeoGebra. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 28(2), 135-146.
Jehan, A., Octaria, D., & Syahbana, A. (2021). Pengembangan E-modul pada Materi Lingkaran Berbasis CTL Berbantuan GeoGebra. Indonesian GeoGebra Journal, 1(2), 60-67.
Judith, H., & Markus, H. (2008). Introduction to GeoGebra. https://www.geogebra.org/.
Komara, K., Supratman, S., & Lestari, P. (2023). Pengembangan Digibook Transformasi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Mengoptimalkan Kemampuan Representasi Gambar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1451-1468.
Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi transformasi geometri. Jurnal Gammath, 5(1), 16-25.
Pramana, B. W. A., Suwito, S. A., Lestari, N. D. S., & Murtikusuma, R. P. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Geogebra pada Materi Transformasi Geometri SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1-14.
Priyanthi, K. A., Agustini, K., Si, M., Santyadiputra, G. S., & St, M. C. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 40-49.
Ramadianti, W., Syofiana, M., & Mahyudi, M. (2018). Pengembangan Soal Matematika Open-Ended Berkonteks Bumi Rafflesia. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 8-16.
Rodiawati, L. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(2), 67-80.
Sundawan, M. D. (2018). Kajian Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Kemampuan Pembuktian Matematis Ditinjau dari Aspek Epistemologi pada Mata Kuliah Geometri Transformasi. Inspiramatika, 4(1), 13-26.
Surgandini, A., Sampoerno, P. D., & Noornia, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI Berbantuan Geogebra untuk Membangun Pemahaman Konsep Transformasi Geometri. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 85-102.
Tamba, W. M. M., Sembiring, R. K., & Simanjuntak, S. D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Level Teori Belajar Van Hiele pada Materi Segiempat. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 15-24.
Wahyuni, G., Destini, R., & Mujib, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Visual Siswa. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 5(2), 39-52.
Zubainur, C. M., & Bambang, R. M. (2020). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Syiah Kuala University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Selvi Riwayati, Lili Rahmawati Lili, Ristontowi Ristontowi, Nyayu Masyita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.