Pengembangan Video Pembelajaran Statistika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.13074Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran pada materi statistika yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan tahapan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri B. Srikaton, Musi Rawas, Sumatera Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripstif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian video pembelajaran yang dikembangkan mempunyai validitas sebesar 0,86 termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan video pembelajaran berdasarkan respon guru dan siswa sebesar 3,4 termasuk dalam kategori sangat baik. Pada uji lapangan, diperoleh nilai peningkatan (n-gain) hasil belajar sebesar 0,68 kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran statistika yang dihasilkan pada penelitian ini dinyatakan valid, praktis serta memiliki efek potensial terhadap peningkatan hasil belajar dengan kategori baik. Dengan demikian video yang dikembangkan ini bisa digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.
Akbar, R. R. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Anshary, I., & Edidas, E. (2018). Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Fault-Finding. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 6(2), 80-84.
Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 479-485.
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills Matematika Siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98-108.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42.
Fadli, A., Suharno, S., & Musadad, A. A. (2017). Deskripsi Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game Education untuk Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pemanfaatan Smartphone Untuk Literasi Produktif Menjadi Guru Hebat Dengan Smartphone, 52–57. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177-182.
Ferdiyanto, Y. (2020). Belajar dan Mengajar Matematika Generasi Hebat Generasi Matematika. PT. Nasya Expanding Management
Irawati, M. (2018). Profil Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII I SMP Negeri 5 Yogyakarta pada Pokok Bahasan Penyajian Data dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot. Universitas Sanata Dharma.
Isamer, N. P., Refianti, R., & Yanto, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Menggunakan Konteks Kota Lubuklinggau Materi Barisan. Edutainment, 10(1), 1-9.
Khairani, A., & Quratul Ain, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe Untuk Statistic Siswa Kelas IV SDN 104 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Social dan Agama-Qalamuna, 13(2), 219-238.
Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84-97.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Kencana Prenada media.
Lima, S. Y., Ekowati, C. K., & Rimo, I. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventory pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP N 19 Kota Kupang. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 81-93.
Machmud, T., Sartika, S., & Achmad, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII SMP. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(2), 67-78.
Ningsih, Y. L., & Fitriasari, P. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Video Pembelajaran pada Materi Persamaan Diferensial. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 126-137.
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.
Putranto, S. P. S., & Dhoruri, A. D. A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada Materi Perbandingan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) bagi Siswa SMP Kelas VIII Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Pedagogi Matematika, 5(2), 1-10.
Rosalina, E., & Elly, A. (2018). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematika. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 1(2), 90-97.
Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39-48.
Sari, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Media Sosial Instagram pada Materi Lingkaran di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 120-127.
Sari, S. K. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Statistika Berbasis IT Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas VIII SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 290-304.
Simangunsong, A. R. (2021). Pengembangan Strategi Blended Learning Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Statistika, untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat TA 2021/2022. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Swastika, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Galaksi Statistika Berbasis Komputer pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas VII SMP. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Susanti, Y., Friansah, D., & Elly, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash Pada Materi SPLDV. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 60-70.
Wulandari, P., Mujib, M., & Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbantuan Perangkat Lunak MAPLE terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 101–106.
Yudela, S., Putra, A., & Laswadi, L. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Youtube pada materi perbandingan trigonometri. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(6), 526-539.
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Journal: Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 234-237.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nadiyah Afifah Yuman, As Elly, Yufitri Yanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.