Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa pada Topik Program Linear Konteks Palembang Lamonde
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.13116Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemodelan siswa pada topik program linear dalam konteks lamonde Palembang. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas XI di Palembang. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, tahap persiapan, tahap implementasi, dan tahap analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Dalam pengujian diberikan 2 soal dengan menggunakan konteks Palembang Lamonde yang telah divalidasi oleh validator. Setelah mendapatkan hasil dari siswa, data dari soal tes dianalisis untuk mendapatkan hasil bahwa ada beberapa indikator yang dipenuhi dengan melihat hasil soal tes dan wawancara dengan siswa namun ada juga indikator yang tidak terpenuhi pada soal kedua, yaitu indikator yang menafsirkan hasil matematika yang diperoleh di dunia nyata karena siswa lupa menuliskan kesimpulan dari jawaban yang mereka dapatkan.
References
Ariyana, I. K. S. (2022). Pentingnya Membelajarkan Konten Aljabar dan Keterampilan Berpikir Aljabar untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), 2(1), 80-92.
Arua, A. L., & Samron, S. (2022). Analisis Pemodelan Matematika Siswa dalam Pemecahan Masalah Kontekstual Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Unitomo, 10(1), 33-52.
Wati, E., & Saragih, M. J. (2018). Kesulitan Belajar Matematika Berkaitan dengan Konsep pada Topik Aljabar: Studi kasus pada siswa kelas VII sekolah ABC Lampung. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 53-64.
Hartono, J. A., & Karniasih, I. (2017). Pentingnya Pemodelan Matematis dalam Pembelajaran Matematika. SEMNASTIKA UNIMED.
Ifana, B. I., Aisyah, N., Pratiwi, W. D., Kurniadi, E., & Araiku, J. (2022). Kemampuan Berpikir Kualitatif Siswa SMA Melalui Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking pada Topik Aljabar. Lentera Sriwijaya Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 17-26.
Kemdikbud. (2016). Permendikbud RI No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud
Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Kemampuan Pemodelan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153-164.
Kosasih, N. Z., Supratman, S., & Hermanto, R. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Aljabar Berdasarkan Teori Jean Piaget (Penelitian pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 30 Kota Tasikmalaya). JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(1), 35-46.
Kurniawan, I. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Penyelesaian Soal Aljabar Serta Alternatif Pemecahannya. Jurnal THEOREMS, 4(1), 69-78.
Kurniawati, I., & Rosyidi, A. H. (2019). Profil Pemodelan Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Fungsi Linear. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matemtika, 8(2), 174-180.
Mubarokah, I., & Nusantara, T. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memodelkan Matematika Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 80-88.
Nadiah, (2015). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Pemodelan Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear di SMAN 18 Palembang. Universitas Sriwijaya.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA.
Ndii, M. Z. (2022). Pemodelan Matematika. PT. Nasya Expanding Management.
Nggaba, M. Y., & Ngaba, A. L. (2020). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Kearifan Lokal. Satya Widya, 36(2), 97-104.
Nuryadi, A., Santoso, B., & Indaryanti, I. (2018). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa dengan Strategi Scaffolding With a Solution Plan pada Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Gantang, 3(2), 73-81.
Pratikno, H. (2019). Analisis Kompetensi Pemodelan Matematika Siswa SMP pada Kategori Kemampuan Matematika Berbeda. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 275-290.
Sundari, A., & Masri, M. (2021). Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 1-14.
Suryaningtias, U. (2021). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa pada Materi Program Linear Kelas XI dengan Model Problem Based Learning. Universitas Sriwijaya
Susanti, Y., Friansah, D., & Elly, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash pada Materi SPLDV. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 60-70.
Utari, R. S. (2017). Desain Pembelajaran Materi Perbandingan Menggunakan Konteks Resep Empek-Empek untuk Mendukung Kemampuan Bernalar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 103-121.
Widyaningrum, I., Putri, R. I. I., & Somakim. (2018). Peranan Jigsaw Puzzles dalam Pembelajaran Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) di Kelas IV. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nabilah Hauda, Zulkardi Zulkardi, Ely Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.