Etnomatematika pada Masjid Ki Muara Ogan Palembang dan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika SD
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.13593Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika pada bangunan Masjid Ki Muara Ogan; dan 2) Mengukur efek potensial dari pengintegrasian LKPD berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar matematika SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian etnografi untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi etnomatematika pada bangunan Masjid Ki Muara Ogan. Selanjutnya hasil eksplorasi etnomatematika Masjid Ki Muara Ogan diintegrasikan menjadi bahan ajar berupa LKPD berbasis etnomatematika, pada tahap ini jenis penelitian yang digunakan yaitu design research dengan jenis development studies. Setelah di integrasikan ke dalam LKPD berbasis etnomatematika menunjukkan bahwa 81% peserta didik yang memiliki efek potensial dapat di kategori efektif
References
Alditia, M. L., & Nurmawati, I. (2023). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri dalam Kearifan Lokal Suku Sasak. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 160-169.
Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Ethnomathematics: Utilization of Crock, Ladle, and Chopping Board for Learning Material of Geometry at the Elementary school. IndoMath Indonesia Mathematic Education, 46-55.
Fendrik, M., Marsigit, & Wangid, M. N. (2020). Analysis of Riau Traditional Game-Based Ethnomathematics in Developing Mathematical Connection Skills of Elementary School Students. Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 19(3), 1605-1618.
Fitriani, S., Somakim, & Hartono, Y. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Jambi Kota Seberang. Journal of Madives, 2(2), 145-149.
Hasibuan, D. F., & Syafitri, E. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Berorientasi dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Diskrit: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-11.
Indriani, P. (2018). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Repository Raden Intan Lampung, 1-12.
Janan, T. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Raya Bandung. Aljabar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 96-107.
Lestaria, O., & Hudaidah. (2023). Potensi Wisata Religi Makam Ki Muara Ogan Sebagai Upaya Pelestarian Kearifan Lokal di Kota Palembang. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 167-176.
Lisnani, Zulkardi, Putri, R. I., & Somakim. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputra Dewa. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359-370
Manurung, J. L., Febrian, & Astuti, P. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnomatematika Alat Tangkap Ikan Berupa Bubu pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP. Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Rura, P. N. M., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2022). Pengembangan LKPD Pada Materi Lingkaran Berbasis Etnomatematika Nyiru Kelas VIII SMP/MTs. Jurmadikta, 2(3), 43-52.
Muhammad, A. F., & Novitasari, N. I. (2022). Pengembagan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 80-93.
Nuraini, L. (2022). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2), 1-22
Pratiwi , J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1-12.
Purwati, N. K., Sumandya, I. W., & Risky, P. (2023). E-LKPD Berbasis Etnomatematika pada Materi Trigonometri. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 164-172.
Putra, E. C., & Mahmudah, F. N. (2021). The Implementation of Ethnomathematic Based-Learning for Students. Supremum Journal of Mathematics Education, 5(2), 162-169.
Qomaria, N., & Wulandari, Y. R. A. (2022). Etnomatematika Madura: Keraton sumenep sebagai sumber belajar matematika. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 76-89
Rahmawati, Z, Y., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Gadang Minangkabau Sumatera Barat. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1-13.
Reni, N., & Baba, T. (2019). Consideration of Curriculum Approaches of Employing Ethnomathematics in Mathematics Classroom. Journal of Physics: Conference Series, 1-5.
Sari, E. F., Somakim, & Hartono, Y. (2018). Etnomatematika pada Kebudayaan Rumah Adat Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. Journal of Madives, 2(1), 137-144.
Sudihartinih, E. (2020). Ethnomathematics in Measuring Rice Field Areas in One of the Areas in Indramayu. Jurnal Institut Agama Islam Negeri Ambon, 8(1), 1-11.
Setiana, D. S., & Nuryadi. (2022). Analisis Efektivitas E-LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik) Berbasis Etnomatematika Batu Akik Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Gantang, 6(2), 113-123.
Soebagyo, J., Andriono, R., Razfy, M., & Arjun, M. (2018). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 184-190
Wulandari, E., & Fitrianawati, M. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik Kelas V pada Materi Geometri Berbasis Etnomatematika. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 73-82.
Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, Sugiarti, T., & Murtofin. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Jami' Al-Baitul Amien Jember. Ethnomatematics Journal, 2(1), 11-20.
Yolanda, F. O., & Putra, A. (2022). Systematic Literature Review: Eksplorasi etnomatematika pada motif batik. Rima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 188-195.
Zahroh, U. (2020). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dengan Memodelkan Motif Batik Gajah Mada. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 1-17.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lely Marlina, Somakim, Nyimas Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.