Penerapan Lesson Study dalam Pengenalan Lapangan Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i1.13794Keywords:
lesson study, pembelajaran, PLPAbstract
Lesson study merupakan kegiatan guru dalam merancang, melaksanakan, mengobservasi dan merefleksi pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat penerapan lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini ialah jenis penelitian kualitatif. Waktu pelaksanaan penelitian ini bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lapangan Pendidikan yaitu pada tanggal 13 September sampai dengan 25 Oktober 2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Piyungan. Subyek penelitian ini ialah kelas Fase E3 dengan jumlah siswa yaitu 36 pada tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pada setiap tahapan lesson study yang terdiri dari plan, do, see sudah dilaksanakan dengan baik dan benar. Pada tahap plan, guru model menyusun perangkat pembelajaran yang dibutuhkan. Kemudian pada tahap do guru model melaksanakan perencanaan yang telah dibuat pada tahap sebelumnya. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran dibagi menjadi tiga bagian yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, serta kegiatan penutup. Terakhir, pada tahap see guru model bersama pengamat melakukan perefleksian saat pembelajaran telah dilaksanakan.
References
Agustina, M. T., & Rahayu, P. P. (2022). Makna Pentingnya Pendidikan Anak bagi Masyarakat Nelayan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6378-6386.
Arista, L. D., & Marhaeni, S. S. (2018). Persepsi Masyarakat Nelayan Tentang Pentingnya Pendidikan Formal 12 Tahun (Studi Kasus di Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi ). JPPKn, 3(1), 12-17.
Br Karo, R., & Negeri, S. (2022). Menerapkan Model-Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Supervisi Klinis dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar di SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021. INOVASI : Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan , 1(1), 62-73.
Farahsanti, I., Pribadi, A. J., Ariyanti, R., & Gunawan. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Online Berbasis Lesson Study. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45-52.
Hafid. (2019). Pendidik Profesional. Tafhim Al-’Ilmi, 11(1), 47-65.
Mahfudy, S., & Arizona, K. (2021). Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Participative Journal: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 112-122.
Muhammad, F., & Yosefin, Y. (2021). Peran Kearifan Lokal pada Pendidikan Karakter di Masa Pandemi (suatu kajian studi literatur manajemen pendidikan & ilmu sosial ). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 519-528.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73.
Nisa, S. A., & Muchtar, T. (2022). Peranan Tripusat Pendidikan pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9615-9621.
Parhusip, B. R., & Wijanarka, B. S. (2018). Penerapan Project Based Learning dengan Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Pemesinan. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 3(1), 26-32.
Sari, N. I., Rahman, S., & Ahyan, S. (2023). Peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran project-based learning melalui lesson study. Journal of Didactic Mathematics, 4(2), 138-144.
Setyadi, D. (2019). Lesson Study dalam Praktik Pengalaman Lapangan Matakuliah Matematika Dasar 3 S1 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Satya Widya, 35(1), 16-21.
Shofia, N. A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Pengaruh Penguasaan IT Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran di Masa Pandemi. Forum Paedagogik, 12(2), 201-215.
Suwanda, C. (2021). Mendongkrak Profesionalisme Guru Melalui Kegiatan Lesson Study Berbasis Sekolah di SMPN 2 Talegong. CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(2), 36-46.
Usman, U. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Melalui Kegiatan Supervisi Klinis Pada MTsS Harapan Kab. Nagan Raya Tahun Pelajaran 2018/2019. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 107-115.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan : Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.
Yanti, H., & Syahrani. (2021). Standar bagi Pendidik dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Adiba: Journal of Education, 1(1), 61-68.
Yudiani, I. (2015). Manajemen Lesson Study sebagai Teknik Supervisi Kolegial di SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH), 2(2), 164-175.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Icha Wardani, Suparni Suparni, Tugiman Tugiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.