Profil Berfikir Relasional Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Perbedaan Gender
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.14667Keywords:
berpikir relasional, gender, penyelesaian masalah matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir relasional siswa SMA Negeri 3 Surabaya dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa laki-laki dengan karakter maskulin dan satu siswa perempuan dengan karakter feminin, keduanya memiliki kemampuan matematika yang tinggi dan setara. Data dikumpulkan melalui pemberian tugas dan wawancara yang dilakukan sebanyak dua kali. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan cara berpikir antara subjek laki-laki maskulin dan perempuan feminin pada tahap memahami masalah. Perbedaannya, siswa laki-laki cenderung menyarikan informasi secara singkat dan garis besar, sedangkan siswa perempuan memberikan detail yang lebih mendalam. Kedua subjek juga membangun keterkaitan antara unsur yang diketahui dengan yang tidak diketahui. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan cara berpikir relasional antara siswa laki-laki maskulin dan perempuan feminin dalam menyelesaikan masalah matematika. Siswa laki-laki maskulin lebih cenderung memberikan jawaban singkat dan fokus pada aspek teknis, sedangkan siswa perempuan feminin memberikan penjelasan yang lebih detail dengan fokus pada konteks praktis masalah yang dihadapi.
References
Arofah, M. N., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Lingkaran di Kelurahan Muarasanding. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 421–434.
Brown, T. (2016). Rationality and Belief in Learning Mathematics. Educational Studies in Mathematics, 92, 75–90.
Dwi Erna Novianti, N. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 117–124.
Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 403–409.
Guo, J., Marsh, H. W., Parker, P. D., & Hu, X. (2024). Cross-Cultural Patterns of Gender Differences in STEM: Gender Stratification, Gender Equality and Gender-Equality Paradoxes. Educational Psychology Review, 36(2), 37.
Herman, T., Andini, M., Nurhanifah, N., & Wulandari, I. (2024). Kemampuan Berpikir Matematis: Berpikir Relasional, Berpikir Fungsional dan Berpikir Kritis. Indonesia Emas Group.
In’am, A. (2014). The Implementation of the Polya Method in Solving Euclidean Geometry Problems. International Education Studies, 7(7), 149–158.
Lavin, A., Krakauer, D., Zenil, H., Gottschlich, J., Mattson, T., Brehmer, J., Anandkumar, A., Choudry, S., Rocki, K., & Baydin, A. G. (2021). Simulation intelligence: Towards a new generation of scientific methods. ArXiv Preprint ArXiv:2112.03235.
Levine, S. C., & Pantoja, N. (2021). Development of Children’s Math Attitudes: Gender differences, key socializers, and intervention approaches. Developmental Review, 62, 100997.
Lu, Y., Zhang, X., & Zhou, X. (2023). Assessing Gender Difference in Mathematics Achievement. School Psychology International, 44(5), 553–567.
Mayer, R. E., & Alexander, P. A. (2011). Handbook of Research on Learning and Instruction. Routledge New York.
Polya, G. (1985). How to Solve It. In New Jersey. Princeton University Press.
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman konsep anak pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.
Skemp, R. R. (2012). The Psychology of Learning Mathematics: Expanded American edition. Routledge.
Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57–68.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan : Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Method ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 RETNA DWI PRAMESTI, I Ketut Budayasa, Raden Sulaiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.