Identifikasi Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Kota Pasuruan

Authors

  • Aisyah Fajri Nur Fatimah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Akhsanul In’am Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Khoiruli Ummah Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.14867

Keywords:

kesulitan belajar, motivasi belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat motivasi belajar matematika siswa ditinjau dari nilai tugas, kontrol kepercayaan dan kepercayaan diri, serta kecemasan dalam tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan teknik penelitian penelitian deskriptif dan inferensial yang menggambarkan tingginya tingkat motivasi siswa dalam belajar matematika. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner motivasi belajar matematika yang terdiri dari 36 pernyataan dengan 5 alternatif pilihan penilaian dan berhasil mendapatkan 100 responden siswa acak di SMP Negeri 2 Kota Pasuruan. Berdasarkan data tersebut, maka hasil penelitian akan diuji dengan menggunakan SPSS versi 26.0 dimana data menunjukkan hasil uji t dan uji f dengan signifikansi hasil lebih kecil dari signifikansi yang telah ditentukan (0.000 < 0.005). Hal ini menunjukkan bahwa untuk seluruh variabel dalam penelitian ini hipotesis nol (H0) ditolak karena tidak terdapat pengaruh antara variabel bebas (kontrol kepercayaan dan kepercayaan diri, dan kecemasan dalam tes) dalam menguji variabel terikat (nilai tugas). Hasilnya, hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti terdapat pengaruh yang dignifikan antara variabel bebas (kontrol kepercayaan dan kepercayaan diri, dan kecemasan dalam tes) terhadap variabel terikat (nilai tugas).

References

Amelia, N. C., Zulhelmi, Z., Syaflita, D., & Siswanti, Y. (2021). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran POE Berbantuan Game Edukasi Berbasis Aplikasi Educandy di SMPN 25 Pekanbaru. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(2), 56–61.

Andri, Wibowo, D. C., & Agia, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung II. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231–241.

Asiedu-Addo, S., Assuah, C. K., & Arthur, Y. D. (2021). Triangular law of students’ Mathematics Interest in Ghana: A Model with motivation and perception as predictor. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3).

Bishara, S., & Wubbena, Z. (2018). Active and Traditional Teaching, Self-image, and Motivation in Learning Math among Pupils with Learning Disabilities. Cogent Education, 5(1).

Dara, P., Rila, M., Ngurah, G., Agustika, S., & Wayan, N. (2019). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 263–268.

Doño, M. J. A., & Mangila, B. B. (2021). Mathematics Teacher’s Engagement And Students’ Motivation to Learn Mathematics. Infinity Journal of Mathematic Education, 10(2), 285–300.

Gazali, R. Y., & Atsnan, M. F. (2017). Peningkatan Motivasi dan Minat Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 123–134.

Hakim, A. R., Sulistiawati, S., & Arifin, S. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 3(2), 165–176.

Hardyani, R. F., Muniri, M., & Sutopo, S. (2023). Penalaran Matematis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Independent. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(1), 112–120.

Heffernan, K., Peterson, S., Kaplan, A., & Newton, K. J. (2020). Intervening in Student Identity in Mathematics Education: An Attempt to Increase Motivation to Learn Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(3).

Hernama, H., & Maharani, A. (2023). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 164–173.

Hidayati, N. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Aljabar Matriks. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 28–32.

Hutajulu, M., Wijaya, T. T., & Hidayat, W. (2019). the Effect of Mathematical Disposition and Learning Motivation on Problem Solving: an Analysis. Infinity Journal, 8(2), 229–238.

Lestari, F. P., & Ristontowi, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sma Pada Model Discovery Learning Dan Model Auditory Intellectually Repetition. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 46–54.

Liu, E. Z. F., & Lin, C. H. (2010). The survey study of mathematics motivated strategies for learning questionnaire (MMSLQ) for grade 10-12 Taiwanese students. Turkish Online Journal of Educational Technology, 9(2), 221–233.

Mahendra, K., Susilawati, M., & Ni Luh, P. (2017). Uji Multikolinearitas dan Perbaikan Multikolinearitas. Bahan Ajar Ekonometrika, 3(1), 33–37.

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.

Murtiyasa, B., & Amini, A. D. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika di Era Covid-19. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(3), 1554–1563.

Noviarti, Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Hubungan motivasi belajar matematika dengan kemampuan numerik siswa pada materi aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 92–99.

Nurhayati, N., & Novianti, N. (2020). Pengaruh Spss Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Statistika Deskriptif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 101–107.

Rasmuin, & Fiana. (2019). Pengaruh Sarana dan Prasarana Belajar di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP di Kecamatan Wangi-Wangi. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(20), 124–130.

Riyadi, M., & Pujiastuti, H. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 71–80.

Sheilawati, A. B., & Hasanah, E. (2022). Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 81–86.

Widana, W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Klik Media, 103-111.

Downloads

Published

2024-06-17