Peningkatan Hasil Belajar Materi Fungsi Logaritma Melalui LKPD Berbasis Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra dan Photomath
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.14899Keywords:
fungsi logaritma, LKPD, PBL, GeoGebra, PhotomathAbstract
Fungsi Logaritma adalah salah satu materi pokok pada pembelajaran matematika peminatan kelas XI. Namun di lapangan hasil belajar peserta didik pada materi fungsi logaritma sangat rendah. Hal ini membuat peneliti melakukan tindakan untuk meningkatkan hasil belajar tersebut. Peneliti menggunakan pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan aplikasi GeoGebra dan Photomath. Adapun hasil akhir yang diharapkan dari penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik pada materi fungsi logaritma dapat meningkat setelah menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan aplikasi GeoGebra dan Photomath. Studi ini dilakukan di kelas XI SMA Negeri 3 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus, dengan dua pertemuan setiap siklus. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif. Hasil siklus pertama menunjukkan peningkatan hasil belajar dari kondisi awal 8.8% menjadi 62.8%. Hasil siklus kedua menunjukkan peningkatan lagi sebesar 23.2% pada siklus kedua, meningkatkan taraf ketuntasan hasil belajar peserta didik menjadi 86%. Dengan demikian, LKPD berbasis masalah dengan bantuan aplikasi GeoGebra dan Photomath dapat meningkatkan hasil belajar fungsi logaritma.
References
Abdullah, A. W., Achmad, N., & Fahrudin, N. C. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Daring pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(2), 36–41.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary, 7(1), 40–47.
Fitriyah, N., Pertiwi, C. M., & Yuliani, A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Logaritma Berdasarkan Prosedur Kastolan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1141–1148.
Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74–84.
Hadi, M. S., Fattah, A. H., & Rizta, A. (2018). Penggunaan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Program Linier. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 65–74.
Hanipa, A. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTs Kelas VIII dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315–322.
Kemmis, S., & Taggart, M. R. (1998). The Action Researh Reader. Deakin University Press.
Marwanti, S., Setiawan, W., & Fitriani, N. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMK Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Materi Logaritma. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1805–1812.
Nandhiyah, E. P., Niswati, U., & Utami, A. D. (2021). Permasalahan dalam Mengerjakan Soal Logaritma Tingkat SMA. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 1(1), 47–53.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics.
Novitasari, D., Trisnowali, A., Hamdani, D., Junaidi, J., & Arifin, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 1–16.
Priyatni, P. P., Rubianti, T., & Supriati, N. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar di Kelas V. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(2), 82–89.
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207–215.
Saputro, A. P. (2019). Matematika Untuk Kehidupan: Fungsi Eksponensial. Deepublish.
Setyowati, E. (2021). Peningkatan Kinerja Guru dalam Pengembangan Evaluasi Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SD Negeri 5 Sidorejo Tahun Pelajaran 2019/2020. MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 182–188.
Simamora, N. B., Sihombing, L. N., & Saragih, S. T. (2023). Pengaruh Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan Kelas V SD Negeri 122381 Pematang Siantar TA 2022/2023. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5886–5899.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hijir Ardiansyah, Destiniar Destiniar, Nizarwati Nizarwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.