Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII pada Soal Cerita Materi PLSV dan PTLSV
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.14902Keywords:
pemecahan masalah matematis, soal ceritaAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan soal cerita mengenai materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) dan Persamaan Tak Linier Satu Variabel (PTLSV). Seluruh siswa dari kelas VII-A SMP Negeri 5 Karawang Barat tahun ajaran 2023/2024 menjadi subjek penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang terdiri dari lima soal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi PLSV dan PTLSV terbagi dalam kriteria tinggi sebesar 13,89%, kriteria sedang sebesar 63,89%, dan kriteria rendah sebesar 22,22%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Karawang Barat memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang berada dalam kriteria sedang.
References
Agustin, E., Rahadju, E. B., & Hidayat, T. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Vii Smp. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 107–116.
Al Ayubi, I. I., Nudin, E., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI:Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 355–360.
Allo, D. P., Sudia, M., Kadir, K., & Hasnawati, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Setting Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Swasta Antam Pomalaa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 19–30.
Amaliah, F., Sutirna, S., & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 10–20.
Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1), 34–44.
Kusumawati, E., & Rizki, N. D. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 260–270.
Mayawati, M., Mulbasari, A. S., & Nurjannah, N. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning di Masa Pandemi. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 81–93.
Munengsih, M., Safitri, P. T., & Sukmawati, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Masa Pandemik Covid-19. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(4), 312–321.
Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 546–551.
Putri, D., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Matematika Pada Konten Bilangan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 15, 138–152.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175–187.
Saedi, M., Mokat, S., & Herianto. (2020). Teori Pemecahan Masalah Polya Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 26–35.
Setyaningsih, V. P. (2022). Analisis Self Confidence Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84.
Utari, L., Destiniar, D., & Syahbana, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jucama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 35–47.
Yustiara, R. I., Siagian, T. A., & Susanto, E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 4 Kaur pada Materi Perbandingan Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 313–326.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Saidah Nur Fitria, Sutirna Sutirna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.