Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan GeoGebra Terhadap Minat Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.14925Keywords:
Discovery Learning, GeoGebra, minat belajarAbstract
Salah satu model yang interaktif yang dapat menarik minat belajar siswa yaitu, model Discovery Learning berbantuan GeoGebra. Tujuan penelitian ini, yaitu mengetahui adanya pengaruh Discovery Learning berbantuan GeoGebra terhadap minat belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pre-test and post-test. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tringgadeng, dengan populasi kelas XI SMA Negeri 1 Tringgadeng, pada tanggal 6 Februari 2023 sampai tanggal 20 Februari 2023. Penelitian ini terdiri dari 1 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas XI MIPA 1 yang terdiri dari 22 siswa. Instrumen dikumpulkan dengan menggunakan angket, yang berupa angket sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) dilaksanakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan GeoGebra. Analisis data di uji dengan menggunakan uji- r, dengan taraf sig (∝ ) yaitu 0,05. Besar r- tabel adalah 0,4227. Sedangkan besar r-hitung yaitu 0,6394. Hasilnya nilai rhitung > rtabel. Dengan demikian, terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan GeoGebra terhadap minat belajar matematika.
References
Amirullah, A. H. (2018). Lesson Study: An Approach to Increase the Competency of Out-of-Field Mathematics Teacher in Building the Students Conceptual Understanding in Learning Mathematics. Journal of Educational Sciences, 2(2), 1–13.
Batubara, I. H. (2019). Improving Student’s Critical Thinking Ability Through Guided Discovery Learning Methods Assisted by Geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 116–119.
Cartwright, R. (2010). Book Reviews: Book Reviews. Perspectives in Public Health, 130(5), 239–239.
Dahal, N., Pant, B. P., Shrestha, I. M., & Manandhar, N. K. (2022). Use of GeoGebra in Teaching and Learning Geometric Transformation in School Mathematics. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(8), 65–78.
Dalimunthe, H. A. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika pada anak usia dini (6-10 tahun) Komunitas Kampung Aur. Jurnal Social Library, 1(2), 49–53.
Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198.
Hendra, & Radia, E. H. (2022). Meta Analisis Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283–290.
Hutajulu, K. C., & Soesanto, R. H. (2023). Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 29–44.
Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 356–360.
Lestari, F. P., & Ristontowi, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Pada Model Discovery Learning dan Model Auditory Intellectually Repetition. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 46–54.
Maharati, M. A., Friansah, D., & Purwasi, L. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Kelas VII SMP Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 147–156.
Nopitria, M. N., Agus Susanta, & Irwan Koto. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Berbantuan Geogebra pada Geometri Kelas IV SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 1(2), 206–214.
Pangastuti, P. D., Marhamah, M., & Surmilasari, N. (2021). Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah Pada Materi Bentuk Aljabar Siswa SMP. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 25–34.
Purba, J. A., & Dirgantoro, K. P. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Smartphone Untuk Mengupayakan Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 7(2), 244–255.
Putri, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Development of Learning Tools with the Discovery Learning Model to Improve the Critical Thinking Ability of Mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83–92.
Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MA AL-MUBAROK melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Statistika Dasar. Journal On Education, 1(3), 386–395.
Silalahi, F. C. G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Induksi Matematika di SMA Darma Yudha Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 918–925.
Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72.
Sirait, E. D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 885–892.
Sutrisno, S., Happy, N., & Susanti, W. (2020). Eksperimentasi Model Discovery Learning Terhadap Prestasi dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 580–590.
Syarifuddin, S., Ilyas, J. B., & Sani, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Pada Kantor Dinas Di Kota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2), 55.
Thao, N. P., Tron, N. H., & Loc, N. P. (2020). Discovery Learning Based on Simulation: A case of surfaces of revolution. Universal Journal of Educational Research, 8(8), 3430–3438.
Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin, K. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 372–380.
Tong, D. H., Uyen, B. P., Kieu, H. T. D., & Ngan, L. K. (2021). The Effectiveness of Using Geogebra Software in Mathematics Classrooms: A case study of teaching continuous functions in high schools. Journal of Hunan University, 48(9), 256–268.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nanda Maisari, Usman Usman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.