Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Lingkaran

Authors

  • Regita Dwi Jayanti Universitas PGRI Palembang
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang
  • Ismi Yuliana SMP IT Izzudin Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.14940

Keywords:

PBL, pemecahan masalah, lingkaran

Abstract

Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII Halimah Binti Abi Dzuaib SMP IT Izzudin Palembang melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini memuat dua siklus dengan tiap siklus mencakup empat tahap yakni rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Peserta didik kelas VIII Halimah Binti Abi Dzuaib yang berjumlah 20 orang adalah subjek dari penelitian ini. Analisis data secara kualitatif yakni dengan mencari nilai rerata kelas guna melihat ketercapaian tujuan pembelajaran dan mencari persentase kemunculan indikator kemampuan pemecahan masalah. Hasilnya menunjukkan bahwa saat diterapkannya model problem based learning, nilai akhir rerata peserta didik yaitu 83,20 yangmana sudah memenuhi KKTP yang sudah ditentukan dan pada setiap indikator kemampuan pemecahan masalah meningkat hingga siklus 2. Sesuai dengan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasanya model problem based learning efektif mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII Halimah Binti Abi Dzuaib SMP IT Izzudin Palembang pada materi lingkaran.

References

Ariyanto, & Pratiwi, S. A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Polya Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), 12, 703–712.

Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 297–303.

Hidayat, R., Musdi, E., & Yerizon, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 22–31.

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1.

Luti, M. K. T., Bunga, M., Aria H. D., & Helvina, M. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VI B SDI MADAWAT Melalui Kegiatan Lesson Study. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 4079–4083.

Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mea (Means Ends Analysis). Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13–26.

Ningsih, E. A. S., Ariani, N. M., & Syofiana, M. (2020). Pengembangan Soal untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 136–145.

Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 9(2), 546–551.

Nurkomaria, V., Lusiana, L., & Zainab, Z. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 45–53.

Oktaviani, H., Kintoko, K., & Suprihatiningsih, S. (2021). Analisis kesalahan Newman pada pemecahan masalah Siswa kelas VII SMP N 15 Yogyakarta. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 1–8.

OECD (2023), PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education, PISA. OECD Publishing, Paris.

Putra, S. H. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar di SMP. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 84–95.

Risqullah, F., Fatmawati, D. P., HIdayat, M. R., Khaerullah, M. I., & Hidayah, N. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi limit dan turunan fungsi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 100–109.

Riyani, P., & Hadi, M. S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(1), 9–20.

Supraptinah, U. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 2(2), 13.

Susana, T., Astuti, R., & Risalah, D. (2023). Pengembangan LKPD Digital Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 371–379.

Susino, S. A., Destiniar, & Sari, E. F. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 08, 53–61.

Syamsinar, S., K, G., Asmawati, A., & Ahmad, A. K. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 91–102.

Zevender, P. S., Fitriyah, Mardetini, E., Adriani, D., & Hakami, L. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Amal Insani (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(2), 62–70.

Downloads

Published

2024-12-27