Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Flipped Classroom Berbantu Media Pembelajaran

Authors

  • Ahmad Mukhayat Universitas Lampung
  • Sri Hastuti Noer Unifersitas Lampung
  • Sugeng Sutiarso Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15034

Keywords:

flipped classroom, komunikasi matematis, pemahaman konsep

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh penggunaan model flipped classroom, disertai dengan media pembelajaran, terhadap komunikasi matematis dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini melalui metode kuantitatif, yang menggunakan quasi experimental design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas delapan MTs Miftahul Ulum Kotabaru, yang dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penilaian terhadap kemampuan komunikasi dan pemahaman matematis siswa dilakukan melalui uji berbasis esai. Multivariate analysis of variance (MANOVA) digunakan untuk mengevaluasi data pada tingkat signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa diperoleh niali sig = 0,001 < α = 0,05 sehingga  ditolak. Disimpulkan, model flipped classroom dengan media pembelajaran, secara positif memengaruhi kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematis siswa.

References

Ansari, B. I. (2016). Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. PeNA.

Anwar, F., & Musdi, E. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas X SMA. Journal of RESIDU, 3(14), 27–35.

Farida, F. (2015). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis VCD. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 25–32.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Indrayani, S., Mirna, & Dwina, F. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(1), 48–53.

Kurniati, A., Muhandaz, R., & Hamzah, F. A. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kelompok Buzz Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 111–118.

Latif, S., & Akib, I. (2016). Mathematical Connection Ability in Solving Mathematics Problem Based on Initial Abilities of Students at SMPN 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 207–217.

Loizou, M., & Lee, K. (2020). A Flipped Classroom Model for Inquiry-Based Learning in Primary Education Context. Research in Learning Technology, 28.

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 123–136.

Nurhasanah, D., & Putra, R. W. Y. (2020). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Modifikasi Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29–36.

Nurma, L. L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Minat Belajar Peserta Didik. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202.

Purwaningsih, K., Zaenuri, Z., & Hidayah, I. (2017). Analysis of Concept Understanding Ability in Contextual Teaching and Learning in Quadrilateral Materials Viewed from Students Personality Type. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 142–151.

Putri, N. K. D. (2016). Using Flipped Classroom Technique to Improve the Descriptive Text Writing Skill of the Tenth Graders of SMA El Shadai Magelang in the School Year. Matematika, 1.

Rahmawati, N. K. (2017). Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121–134.

Riyadi, M., & Pujiastuti, H. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 71–80.

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173–179.

Sari, E. F. P. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Starts With a Question. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 25–34.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan : (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Supriadi, N. (2015). Pembelajaran geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–110.

Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312.

Usmadi, Ramdantini, S., & Ergusni. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 157–168.

Wahyuningsih, W., Jamaluddin, J., & Karnan, K. (2015). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Metakognitif dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 6 Mataram. Jurnal Pijar MIPA, 10(1).

Widyastuti, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 1(1).

Zainuddin, Z., Habiburrahim, Muluk, S., & Keumala, C. M. (2019). How Do Students Become Self-Directed Learners in the EFL Flipped-Class Pedagogy? A study in higher education. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 8(3).

Zalfa, N. N., Sina, I., & Rokhman, M. S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Menggunakan Google Classroom Ditinjau dari Self Confidence Peserta Didik. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 35–45.

Downloads

Published

2024-06-17